Rabu, 04 Maret 2020

Produsen Kerajinan Tembaga Melayani Pelanggan Kabupaten Bolaang Mongondow Utara

Produsen Kerajinan Tembaga Melayani Pelanggan Kabupaten Bolaang Mongondow Utara . Perkampungan Tumang, Boyolali-Jateng berada di antara lereng pegunungan Merapi dan Merbabu yg terkenal itu. Perkampungan tsb disebut sebagai pusat pengusaha kerajinan kuningan. Estetika ukir kerajinan berbahan logam tembaga telah mendarah daging pd orang Tumang, Boyolali-Jateng. Banyak keluarga Boyolali-Jateng membangun usaha di rumah kerajinan logam buat dipasarkan ke banyak pasar. Skill mengolah logam diwarisi secara turun-temurun dari para pendahulunya. Banyak yg menjelaskan bahwa orang Tumang mengawali usaha kerajinannya dengan sekedar membuat alat perkakas rumah tangga diantaranya dandang, panci, baskom, juga lainnya tapi sekarang telah berubah haluan ke kerajinan logam tembaga buat keperluan asesoris cafe, rumah, juga lainnya.





Seni ukir tembaga juga kuningan di desa Tumang, Boyolali-Jateng, masa ini, mulai menggeliat dengan meningkatnya jumlah pesanan, baik pesanan daerah atau luar negeri. Bisnis kerajinan ukir kuningan tetap tumbuh pesat. Banyak pesanan berdatangan dari banyak daerah di Negeri Kita juga luar negeri. Orderan kerajinan logam semakin signifikan ini karena oleh banyak parameter, contohnya yakni hadirnya teknologi internet. Dgn hadirnya teknologi website maka mau memudahkan para produsen kerajinan logam buat mempromosikan kerajinan tembaganya ke seluruh daerah juga berbagai negara. Teknologi website amat memudahkan para produsen kerajinan logam. Salah satu produsen kerajinan logam yg terbantu yakni AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery bisa mempromosikan produk kerajinan tembaga ke padang sidempuan. Tdk sekedar tsb saja, AA Gallery jg mempromosikan produk kerajinan tembaga ke bogor.



Contoh Seni Logam Kuningan yakni robyong, relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, ornamen masjid, air mancur, juga lain-lain. Pelanggan jg bisa memesan kerajinan tembaga sesuai dengan kemauannya. Mereka dapat punya rancangan pribadi AA Gallery yg membuatnya.


Mungkin sahaja tidak sedikit yg bertanya-tanya harga kerajinan logam tsb. Harga kerajinan tembaga amat beragam tapi AA Gallery mau berusaha memberikan harga yg kompetitif. Harga kerajinan tembaga ditentukan oleh banyak parameter. Banyak hal sbb ini yakni beberapa parameter yg memengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( bertambah besar besaran kerajinan tembaga tentunya harganya bertambah mahal karena bahan yg dipakai juga banyak, demikian jg sebaliknya bertambah mungil tentunya harganya semakin murah karena bahan yg dipakai semakin sedikit), tingkat kesulitan produksi ( bertambah rumit maka bertambah mahal harganya, demikian jg sebaliknya bertambah tidak sulit, harganya jg semakin murah), kuantitas ( bertambah banyak pesanan tentunya juga murah), jika pesanan dari daerah lainnya di luar Tumang tentunya mau-tidak mau ditambah ongkir.

Kendala para pengrajin kerajinan logam tdk sedikit. Stabilitas ekonomi yg tdk stabil bisa mempengaruhi jumlah pesanan. Harga bahan jg mempengaruhi harga kerajinan logam. Disaat harga lempengan logam naik maka harga kerajinan logam jg naik. Permasalahan lainnya, pengrajin Boyolali-Jateng masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walaupun Demikian selama pelanggan bisa meraih harga yg telah ditentukan pengrajin tembaga maka pengrajin tembaga bisa eksis meski minim untung. Oleh karena tsb, ahli kerajinan tembaga tetap berdoa kondisi ekonomi tetap stabil shngg tdk mengganggu usaha usaha kerajinan logam.

Sebagai ahli kerajinan logam diwajibkan kreatif juga diwajibkan memantau permintaan prospek. Saat ini AA Gallery tdk sekedar meraih pesanan kerajinan logam yg dibutuhkan buat keperluan interior hotel tetapi telah merambah pd pengerjaan kubah masjid. Berhubung kubah masjid biasanya ukurannya besar maka nilai proyek kubah masjid jg bernilai besar. Mengenai design kubah bisa mengikuti keinginan pelanggan.

Pada Ferbuari 2018 yg lalu, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yg keren yakni AA Gallery meraih kepercayaan buat membuat juga memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Padang Panjang tsb. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery kerjakan tdk sekedar satu sahaja melainkan cukup banyak.

Islamic Center tsb telah dibuka oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Sejak diresmikannya Islamic Center tsb maka selanjutnya mjd pusat kegiatan juga ibadah buat umat Islam di Padang Panjang. Masjid tsb mjd kebanggaan bagi khalayak Indonesia.

Sesudah memiliki pengalaman semenjak thn 1990-an, sekarang AA Gallery bertambah percaya diri untuk meraih pesanan kerajinan kuningan dari tanjung balai. Berbekal pengalaman berpuluh tahun thn membuat seni kuningan, AA Gallery bertambah mengerti cara guna membuat seni kuningan yg bermutu juga sesuai yg diharapkan oleh semua pelanggan. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip walaupun untung sedikit yg penting pelanggan puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar