Rabu, 04 Maret 2020

Industri Kerajinan Logam Kuningan Melayani Konsumen Kabupaten Kubu Raya

Industri Kerajinan Logam Kuningan Melayani Konsumen Kabupaten Kubu Raya . Kampung Tumang, Boyolali-Jateng berada diapit kaki pegunungan Merapi dan Merbabu yang termahsyur itu. Kampung Tumang tersebut disebut sebagai pusat pengrajin kerajinan tembaga. Estetika ukir kerajinan berbahan logam kuningan telah mendarah daging pd publik Tumang, Boyolali-Jateng. Beberapa family Jawa Tengah mendirikan kerja di rumah kerajinan tembaga untuk dipasarkan ke berbagai pasar. Ketrampilan menempa tembaga dimiliki secara turun-temurun dari pendahulunya. Banyak yang menyampaikan bahwa publik Tumang mengawali kerja kerajinannya dengan cuma memproduksi alat keperluan rumah tangga seperti dandang, panci, ceret, juga sebagainya tetapi sekarang ini telah beralih ke kerajinan logam kuningan untuk kebutuhan ornamen cafe, rumah, juga lain-lain.





Seni ukir tembaga juga kuningan di desa Tumang, Boyolali-Jateng, sekarang ini, mulai memberi harapan dengan meningkatnya jumlah permintaan, baik permintaan daerah ataupun internasional. Bisnis kerajinan ukir tembaga terus tumbuh cepat. Banyak permintaan datang dari berbagai wilayah di Negara Tercinta juga manca negara. Pesanan kerajinan logam tembaga meningkat cukup signifikan ini dikarenakan oleh banyak variabel, diantaranya yakni adanya teknologi internet. Dengan adanya teknologi website maka ingin memudahkan para produsen kerajinan tembaga untuk mempromosikan produknya ke seluruh wilayah juga manca negara. Teknologi website memudahkan para produsen kerajinan tembaga. Salah satu produsen kerajinan tembaga yang terbantu yakni AA Gallery. Saat ini AA Gallery bisa mempromosikan produk kerajinan tembaga ke solo. Tdk cuma tsb saja, AA Gallery juga mempromosikan produk kerajinan tembaga ke bengkulu.



Contoh Seni Kuningan yakni lampu gantung, relief, lampu stand, lampu dinding, ornamen masjid, air mancur, juga lain-lain. Konsumen juga bisa mengorder kerajinan logam kuningan sesuai dengan seleranya. Mereka dapat mempunyai design pribadi setelah itu AA Gallery yang memproduksinya.


Mgkn tidak sedikit yang bertanya-tanya harga kerajinan logam tembaga tsb. Harga kerajinan logam kuningan beragam tetapi AA Gallery ingin berusaha memberikan harga yang pas. Harga kerajinan logam kuningan dipengaruhi oleh banyak variabel. Diantaranya sebagai berikut ini yakni lebih dari satu variabel yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan baku kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( semakin besar besarnya kerajinan tembaga tentu saja harganya semakin tinggi dikarenakan bahan yang dipakai bertambah banyak, demikian jg sebaliknya semakin kecil tentu saja harganya juga murah dikarenakan bahan yang dipakai juga sedikit), level kerumitan produksi ( semakin rumit maka semakin tinggi harganya, demikian jg sebaliknya semakin tak sulit, harga juga menjadi murah), kuantitas ( semakin banyak permintaan tentu saja juga murah), untuk permintaan dari wilayah lain tentu saja otomatis ditambah biaya kirim.

Permasalahan para pengrajin kerajinan logam tembaga nggak sedikit. Stabilitas ekonomi yang nggak stabil bisa mempengaruhi banyaknya permintaan. Harga bahan juga mempengaruhi harga kerajinan logam tembaga. Jika harga lempengan tembaga naik maka harga kerajinan logam tembaga jg naik. Problem lain-lain, pengrajin Boyolali-Jawa Tengah masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Akan Tetapi selama customer bisa menerima harga yang telah diputuskan pengrajin tembaga maka pengrajin tembaga bisa eksis walau demikian minim untung. Oleh dikarenakan tsb, perajin kerajinan tembaga terus-menerus ingin stabilitas ekonomi terus-menerus stabil shngg nggak mengganggu kerja kerja kerajinan logam tembaga.

Sebagai perajin kerajinan logam tembaga wajib kreatif juga wajib memantau selera pasar. Masa ini AA Gallery nggak cuma menerima permintaan kerajinan logam tembaga yang dibutuhkan untuk kebutuhan asesoris kantor namun telah bertambah pd projek kubah masjid. Mengingat kubah masjid umumnya berukuran besar maka nilai projek kubah masjid juga bernilai besar. Berkaitan dengan desain kubah bisa mengikuti keinginan customer.

Pada Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yang keren yakni AA Gallery menerima kepercayaan untuk memproduksi juga memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Padang Panjang tsb. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery kerjakan nggak cuma satu saja tapi banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tsb telah dibuka secara resmi oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Sejak dibukanya Islamic Center di Padang Panjang tsb maka selanjutnya menjadi pusat aktivitas juga ibadah buat umat Islam di Padang Panjang. Masjid tsb menjadi kebanggaan bagi khalayak Padang Panjang.

Sesudah memiliki pengalaman semenjak thn 1990-an, sekarang ini AA Gallery semakin percaya diri untuk menerima permintaan kerajinan tembaga dari parepare. Dengan bekal pengalaman berpuluh tahun thn membuat kerajinan kuningan, AA Gallery semakin mengetahui metode untuk memproduksi kerajinan kuningan yang berkelas juga sesuai yang diharapkan oleh semua customer. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip walau untung sedikit yang urgen customer terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar