Rabu, 04 Maret 2020

Produsen Kerajinan Kuningan Melayani Prospek Kabupaten Jember

Produsen Kerajinan Kuningan Melayani Prospek Kabupaten Jember . Perkampungan Tumang, Boyolali-Jawa Tengah berada diapit kaki pegunungan Merapi dan Merbabu yang banyak dikenal itu. Perkampungan Tumang tersebut diketahui sbg sentra pengusaha seni ukir tembaga. Estetika ukir kerajinan berbahan kuningan telah mendarah daging pd orang Tumang, Boyolali-Jawa Tengah. Lebih dari satu family Tumang memilih usaha di rumah kerajinan logam untuk dipasarkan ke beragam pasar. Keahlian menempa logam didapatkan secara turun-temurun dari nenek moyangnya. Tidak sedikit yang menceritakan bahwa orang Tumang mengawali usaha kerajinannya dgn sekedar menghasilkan alat kebutuhan rumah tangga seperti dandang, wajan, baskom, & sebagainya tetapi kini telah berganti ke kerajinan kuningan untuk keperluan interior restoran, gedung, & lainnya.





Seni ukir tembaga & kuningan di kampung Tumang, Boyolali-Jawa Tengah, sekarang ini, mulai menggeliat dgn meningkatnya jumlah orderan, baik orderan lokal dan juga luar negeri. Kerja kerajinan ukir tembaga semakin berkembang tak terelakan. Banyak orderan berdatangan dari beragam wilayah di Republik Indonesia & luar negeri. Permintaan kerajinan logam bertambah sangat signifikan ini karena oleh banyak faktor, diantaranya yakni hadirnya teknologi internet. Dgn hadirnya teknologi website maka mau memudahkan para perajin kerajinan logam untuk mengenalkan kerajinan tembaganya ke semua wilayah & manca negara. Teknologi website amat memudahkan para perajin kerajinan logam. Salah satu perajin kerajinan logam yang tertolong yakni AA Gallery. Masa Ini AA Gallery dapat mengenalkan produk kerajinan tembaga ke surakarta. Tak sekedar tsb saja, AA Gallery jg mengenalkan produk kerajinan kuningan ke jakarta timur.



Contoh Seni Logam Kuningan yakni kerajinan kaligrafi, lampu gantung, relief, bowl, lampu dinding, ornamen masjid, bak mandi, & lainnya. Customer jg dapat memesan kerajinan kuningan sesuai dgn seleranya. Mereka bisa memiliki desain pribadi kemudian AA Gallery yang mengerjakannya.


Mgkn saja tidak sedikit yang bertanya-tanya harga kerajinan logam tsb. Harga kerajinan kuningan amat beragam tetapi AA Gallery mau berusaha menawarkan harga yang kompetitif. Harga kerajinan kuningan dipengaruhi oleh banyak faktor. Antara lain ini yakni beberapa faktor yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, size kerajinan tembaga ( semakin besar size kerajinan tembaga tentu saja harganya semakin tinggi karena bahan baku yang digunakan jg banyak, demikian juga sebaliknya semakin kecil tentu saja harganya juga murah karena bahan yang digunakan juga sedikit), tingkat kerumitan pembuatan ( semakin rumit maka semakin tinggi harganya, demikian juga sebaliknya semakin tidak sulit, harganya jg juga murah), jumlah pembelian ( semakin banyak orderan tentu saja semakin murah), untuk orderan dari wilayah lainnya tentu saja auto dikenai biaya kirim.

Problem para industri kerajinan logam tak sedikit. Kondisi ekonomi yang tak stabil dapat memengaruhi banyaknya orderan. Harga bahan baku jg memengaruhi harga kerajinan logam. Ketika harga lempengan logam naik maka harga kerajinan logam akan naik. Permasalahan lainnya, industri Boyolali-Jawa Tengah masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tetapi selama customer dapat meraih harga yang telah diputuskan pengrajin tembaga maka industri tembaga dapat eksis meski minim untung. Oleh karena tsb, perajin kerajinan tembaga kontinyu bermimpi stabilitas ekonomi kontinyu stabil shngg tak mengganggu usaha usaha kerajinan logam.

Sebagai perajin kerajinan logam diwajibkan kreatif & diwajibkan menyesuaikan keinginan pasar. Sekarang ini AA Gallery tak sekedar meraih orderan kerajinan logam yang dibutuhkan untuk keperluan eksterior kantor namun telah merambah pd pengerjaan kubah masjid. Mengingat kubah masjid biasanya ukurannya besar maka nilai proyek kubah masjid jg dapat dikatakan besar. Berkaitan dengan ukiran kubah dapat menyesuaikan keinginan customer.

Pada bln Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang menarik yakni AA Gallery meraih kepercayaan untuk menghasilkan & memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Padang Panjang tsb. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery kerjakan tak sekedar satu saja melainkan begitu banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tsb telah diresmikan oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Sejak diresmikannya Islamic Center di Padang Panjang tsb maka selanjutnya mjd sentra kegiatan & ibadah bagi umat Islam di Padang Panjang. Masjid tsb mjd kebanggaan bagi warga Indonesia.

Setelah memiliki pengalaman semenjak th 1990-an, kini AA Gallery semakin percaya diri untuk meraih orderan kerajinan tembaga dari baubau. Bermodal pengalaman berpuluh tahun th menghasilkan seni logam, AA Gallery semakin mengetahui teknik untuk menghasilkan seni logam yang memiliki kualitas & sesuai yang diharapkan oleh seluruh customer. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip meskipun untung sedikit yang penting customer terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar