Rabu, 04 Maret 2020

Pengrajin Kerajinan Logam Kuningan Melayani Prospek Kabupaten Karimun

Pengrajin Kerajinan Logam Kuningan Melayani Prospek Kabupaten Karimun . Perkampungan Tumang, Jateng berada diapit lereng gunung Merapi and Merbabu yg terkenal itu. Perkampungan tersebut disebut sbg pusat ahli kerajinan kuningan. Keindahan tempa kerajinan berbahan kuningan sudah menyatu pd khalayak Tumang, Jateng. Lebih dari satu keluarga Cepogo mendirikan kerja di rumah kerajinan kuningan buat dijual ke banyak pasar. Skill menempa kuningan didapatkan secara turun-temurun dari para sesepuhnya. Banyak yg menceritakan bahwa khalayak Tumang mengawali kerja kerajinannya dengan cuma memproduksi alat perkakas rumah tangga contohnya dandang, panci, teko, & lainnya tapi sekarang ini sudah berubah haluan ke kerajinan kuningan buat kebutuhan eksterior hotel, gedung, & lain-lain.





Seni ukir tembaga & kuningan di desa Tumang, Jateng, baru-baru ini, mulai menggeliat dengan meningkatnya orderan, baik orderan lokal maupun internasional. Kerja kerajinan ukir kuningan semakin tumbuh tak terkendali. Banyak orderan berdatangan dari banyak wilayah di Indonesia & luar negeri. Pesanan kerajinan logam mengalami kenaikan signifikan ini karena oleh banyak parameter, diantaranya yaitu munculnya teknologi dunia maya. Dgn munculnya teknologi internet maka akan memudahkan para ahli kerajinan kuningan buat menawarkan produknya ke semua wilayah & berbagai negara. Teknologi internet begitu memudahkan para ahli kerajinan kuningan. Salah satu ahli kerajinan kuningan yg terbantu yaitu AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery bisa menawarkan produk kerajinan tembaga ke gorontalo. Tak cuma tersebut saja, AA Gallery jg menawarkan produk kerajinan kuningan ke semarang.



Contoh Seni Logam Tembaga yaitu kerajinan kaligrafi, robyong, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, ornamen masjid, air mancur, & lain-lain. Konsumen jg bisa memesan kerajinan kuningan sesuai dengan seleranya. Mereka dpt punya desain sendiri kemudian AA Gallery yg meujudkannya.


Mgkn banyak yg bertanya-tanya harga kerajinan logam tersebut. Harga kerajinan kuningan begitu bermacam-macam tapi AA Gallery akan berupaya memberikan harga yg menarik. Harga kerajinan kuningan disebabkan oleh banyak parameter. Berikut ini ini yaitu beberapa parameter yg mempengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan baku kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( bertambah besar besaran kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya bertambah mahal karena bahan baku yg dimanfaatkan juga banyak, demikian juga sebaliknya bertambah mungil sudah sewajarnya harganya jg murah karena bahan yg dimanfaatkan jg sedikit), level kerumitan produksi ( bertambah sulit maka bertambah mahal harganya, demikian juga sebaliknya bertambah mudah, harga jg menjadi murah), kuantitas ( bertambah banyak orderan sudah sewajarnya juga murah), jika orderan dari wilayah lain di luar Tumang sudah sewajarnya otomatis dikenai ongkir.

Problem para industri kerajinan logam tidak sedikit. Stabilitas ekonomi yg tidak stabil bisa memengaruhi jumlah orderan. Harga bahan baku jg memengaruhi harga kerajinan logam. Jikalau harga lempengan kuningan naik maka harga kerajinan logam akan naik. Permasalahan lain-lain, industri Jawa Tengah masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tetapi selama customer bisa mendapat harga yg sudah diambil pengrajin tembaga maka industri tembaga bisa eksis meskipun minim untung. Oleh karena tersebut, pengusaha kerajinan tembaga selalu ingin kondisi ekonomi selalu stabil sehingga tidak mengganggu kerja kerja kerajinan logam.

Sebagai pengusaha kerajinan logam harus inovatif & harus menyesuaikan permintaan konsumen. Saat ini AA Gallery tidak cuma mendapat orderan kerajinan logam yg dibutuhkan buat kebutuhan dekorasi kantor tetapi sudah bertambah pd projek kubah masjid. Sehubungan kubah masjid pada umumnya ukurannya besar maka harga kubah masjid jg terbilang besar. Tentang design kubah bisa menyesuaikan kemauan customer.

Pada bulan Ferbuari 2018 yg lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yg keren yaitu AA Gallery mendapat kepercayaan buat memproduksi & memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Islamic Center tersebut. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery buat tidak cuma satu saja akan tetapi banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tersebut sudah dibuka secara resmi oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center di Padang Panjang tersebut maka selanjutnya mjd pusat kegiatan & ibadah buat umat Islam di Padang Panjang. Masjid tersebut mjd kebanggaan bagi warga Sumatera Barat.

Sesudah memiliki pengalaman sejak th 1990-an, sekarang ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk mendapat orderan kerajinan kuningan dari mojokerto. Berbekal pengalaman berpuluh tahun th memproduksi seni logam, AA Gallery bertambah paham cara guna memproduksi seni logam yg berkelas & sesuai yg diinginkan oleh semua customer. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip meskipun laba sedikit yg penting customer terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar