Rabu, 04 Maret 2020

Produsen Kerajinan Logam Melayani Prospek Kota Blitar

Produsen Kerajinan Logam Melayani Prospek Kota Blitar . Desa Tumang, Boyolali terletak di antara kaki gunung Merapi & Merbabu yang termahsyur itu. Desa tsb diketahui sebagai pusat bisnis seni tembaga. Estetika ukir kerajinan berbahan logam tembaga telah menyatu pd masyarakat Tumang, Boyolali. Banyak family Jateng memilih kerja di rumah kerajinan tembaga untuk dipasarkan ke beragam konsumen. Ketrampilan menempa tembaga dipunyai secara turun-temurun dari pendahulunya. Tidak sedikit yang bercerita bahwa masyarakat Tumang mengawali kerja kerajinannya dg sekadar membuat alat kebutuhan rumah tangga seperti dandang, wajan, alat merebus air, dan lain-lain akan tetapi sekarang ini telah beralih ke kerajinan logam tembaga untuk kebutuhan ornamen cafe, gedung, dan lainnya.





Seni ukir tembaga dan kuningan di perkampungan Tumang, Boyolali, kini, mulai memberi harapan dg naiknya jumlah orderan, baik orderan nasional ataupun luar negeri. Kerja kerajinan ukir tembaga tetap berkembang pesat. Banyak orderan datang dari beragam daerah di NKRI dan manca negara. Permintaan kerajinan tembaga mengalami kenaikan begitu signifikan ini disebabkan oleh banyak parameter, diantaranya merupakan adanya teknologi dunia maya. Dengan adanya teknologi internet maka ingin membantu para pengrajin kerajinan tembaga untuk menawarkan produknya ke seluruh daerah dan manca negara. Teknologi internet cukup membantu para pengrajin kerajinan tembaga. Salah satu pengrajin kerajinan tembaga yang tertolong merupakan AA Gallery. Masa Ini AA Gallery dpt menawarkan produk kerajinan tembaga ke jakarta barat. Tak sekadar itu saja, AA Gallery jg menawarkan produk kerajinan tembaga ke makassar.



Contoh Seni Tembaga merupakan kerajinan kaligrafi, robyong, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, ornamen masjid, air mancur, dan lainnya. Pembeli jg dpt memesan kerajinan logam kuningan sesuai dg seleranya. Mereka dpt mempunyai rancangan sendiri selanjutnya AA Gallery yang memproduksinya.


Mungkin sahaja tidak sedikit yang ingin tahu harga kerajinan logam kuningan itu. Harga kerajinan logam kuningan cukup beraneka ragam akan tetapi AA Gallery ingin berupaya menawarkan harga yang kompetitif. Harga kerajinan logam kuningan dipengaruhi oleh banyak parameter. Berikut ini merupakan lebih dari satu parameter yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( bertambah besar besaran kerajinan tembaga tentunya harganya bertambah tinggi disebabkan bahan baku yang dipakai jg banyak, demikian sebaliknya bertambah kecil tentunya harganya semakin murah disebabkan bahan yang dipakai semakin sedikit), tingkat kerumitan produksi ( bertambah rumit maka bertambah tinggi harganya, demikian sebaliknya bertambah tak sulit, harganya jg menjadi murah), kuantitas ( bertambah banyak orderan tentunya semakin murah), jika orderan dari daerah lain tentunya auto ditambah biaya kirim.

Problem para perajin kerajinan logam kuningan nggak sedikit. Kondisi ekonomi yang nggak stabil dpt memengaruhi jumlah orderan. Harga bahan baku jg memengaruhi harga kerajinan logam kuningan. Kalau harga lempengan tembaga naik maka harga kerajinan logam kuningan akan naik. Permasalahan lainnya, perajin Jawa Tengah masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Namun selama customer dpt meraih harga yang telah diputuskan pengrajin tembaga maka perajin tembaga dpt eksis walaupun demikian minim untung. Oleh disebabkan itu, pengusaha kerajinan tembaga terus-menerus berdoa kondisi ekonomi terus-menerus stabil jadi nggak mengganggu kerja kerja kerajinan logam kuningan.

Sebagai pengusaha kerajinan logam kuningan wajib kreatif dan wajib memantau selera konsumen. Masa ini AA Gallery nggak sekadar meraih orderan kerajinan logam kuningan yang dibutuhkan untuk kebutuhan interior rumah tapi telah bertambah pd proyek kubah masjid. Mengingat kubah masjid pada umumnya ukurannya besar maka nilai proyek kubah masjid jg dapat dikatakan besar. Mengenai ukiran kubah dpt mengikuti kemauan customer.

Pd Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yang membanggakan merupakan AA Gallery meraih kepercayaan untuk membuat dan memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Islamic Center itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery selesaikan nggak sekadar satu saja tetapi banyak.

Islamic Center itu telah dibuka oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Semenjak dibukanya Islamic Center itu maka selanjutnya menjadi pusat kegiatan dan ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu menjadi kebanggaan bagi khalayak Sumatera Barat.

Sesudah memiliki pengalaman sejak thn 1990-an, sekarang ini AA Gallery meningkat percaya diri untuk meraih orderan kerajinan tembaga dari bandaaceh. Bermodalkan pengalaman puluhan thn berkarya seni tembaga, AA Gallery bertambah mengerti metode untuk membuat seni tembaga yang berkualitas dan cocok yang diharapkan oleh semua customer. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip tidak masalah laba sedikit yang penting customer puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar