Rabu, 04 Maret 2020

Pengusaha Kerajinan Kuningan Melayani Konsumen Kabupaten Bener Meriah

Pengusaha Kerajinan Kuningan Melayani Konsumen Kabupaten Bener Meriah . Kampung Tumang, Boyolali-Jawa Tengah berlokasi diapit lereng pegunungan Merapi & Merbabu yg terkenal . Kampung tersebut diketahui sebagai pusat bisnis seni ukir tembaga. Keindahan ukir kerajinan berbahan kuningan sudah mendarah daging pada publik Tumang, Boyolali-Jawa Tengah. Banyak keluarga Jateng mendirikan usaha rumahan kerajinan kuningan buat ditawarkan ke berbagai konsumen. Skill mengolah kuningan didapatkan secara turun-temurun dari pendahulunya. Tidak sedikit yg menjelaskan bahwa publik Tumang memulai usaha kerajinannya dengan hanya memproduksi alat keperluan rumah tangga misalnya dandang, wajan, baskom, dan lainnya walaupun demikian masa ini sudah berganti ke kerajinan kuningan buat kebutuhan eksterior masjid, rumah, dan lain.





Kerajinan ukir tembaga dan kuningan di kampung Tumang, Boyolali-Jawa Tengah, baru-baru ini, mulai menggeliat dengan naiknya jumlah pesanan, baik pesanan lokal atau luar negeri. Kerja kerajinan ukir tembaga terus berkembang pesat. Banyak pesanan datang dari berbagai wilayah di Negara Tercinta dan manca negara. Orderan kerajinan tembaga mengalami penambahan signifikan ini dikarenakan oleh banyak faktor, contohnya yaitu munculnya teknologi cyber. Dg munculnya teknologi website maka ingin memudahkan para ahli kerajinan kuningan buat mempromosikan kerajinan kuningannya ke semua wilayah dan berbagai negara. Teknologi website sangat memudahkan para ahli kerajinan kuningan. Salah satu ahli kerajinan kuningan yg tertolong yaitu AA Gallery. Masa Ini AA Gallery dpt mempromosikan produk kerajinan tembaga ke padang. Tdk hanya tersebut saja, AA Gallery juga mempromosikan produk kerajinan tembaga ke mataram.



Contoh Kerajinan Tembaga yaitu kerajinan kaligrafi, lampu gantung, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, logo, kubah masjid, bak mandi, dan lain-lain. Customer juga dpt mengorder kerajinan tembaga sesuai dengan seleranya. Mereka dpt mempunyai design pribadi selanjutnya AA Gallery yg memproduksinya.


Mungkin sahaja tidak sedikit yg menanyakan harga kerajinan kuningan tersebut. Harga kerajinan tembaga sangat bervariasi walaupun demikian AA Gallery ingin berusaha menawarkan harga yg sesuai. Harga kerajinan tembaga disebabkan oleh banyak faktor. Banyak hal sbb ini yaitu beberapa faktor yg mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan baku kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( semakin besar ukuran kerajinan tembaga tentunya harganya semakin mahal dikarenakan bahan baku yg digunakan semakin banyak, demikian jg sebaliknya semakin kecil tentunya harganya jg murah dikarenakan bahan yg digunakan jg sedikit), tingkat kesulitan produksi ( semakin rumit maka semakin mahal harganya, demikian jg sebaliknya semakin tidak sulit, harga juga semakin murah), kuantitas ( semakin banyak pesanan tentunya juga murah), jika pesanan dari wilayah lain di luar Tumang tentunya secara otomatis ditambah biaya kirim.

Kendala para pengusaha kerajinan kuningan tidak sedikit. Kondisi ekonomi yg tidak stabil dpt mempengaruhi jumlah pesanan. Harga bahan baku juga mempengaruhi harga kerajinan kuningan. Jikalau harga lempengan kuningan naik maka harga kerajinan kuningan jg naik. Permasalahan lain, pengusaha Cepogo-Jawa Tengah masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Namun selama pelanggan dpt meraih harga yg sudah ditentukan pengrajin tembaga maka pengusaha tembaga dpt eksis meski minim untung. Oleh dikarenakan tersebut, pengrajin kerajinan tembaga kontinyu ingin stabilitas ekonomi kontinyu stabil shngg tidak mengganggu usaha usaha kerajinan kuningan.

Sebagai pengrajin kerajinan kuningan diwajibkan inovatif dan diwajibkan memantau keinginan masyarakat. Sekarang ini AA Gallery tidak hanya meraih pesanan kerajinan kuningan yg dibutuhkan buat kebutuhan eksterior hotel tapi sudah merambah pada pengerjaan kubah masjid. Mengingat kubah masjid umumnya berukuran besar maka harga kubah masjid juga terbilang besar. Tentang desain kubah dpt menyesuaikan keinginan pelanggan.

Pada bulan Ferbuari 2018 yg lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yg keren yaitu AA Gallery meraih kepercayaan buat memproduksi dan memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Islamic Center tersebut. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery produksi tidak hanya satu sahaja akan tetapi begitu banyak.

Islamic Center tersebut sudah dibuka oleh ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Sejak diresmikannya Islamic Center tersebut maka kemudian mjd pusat kegiatan dan ibadah buat umat Islam di Padang Panjang. Masjid tersebut mjd kebanggaan bagi khalayak Sumatera Barat.

Setelah memiliki pengalaman sejak th 1990-an, masa ini AA Gallery meningkat percaya diri untuk meraih pesanan kerajinan tembaga dari payakumbuh. Berbekal pengalaman berpuluh tahun th berkarya kerajinan kuningan, AA Gallery semakin tahu cara guna memproduksi kerajinan kuningan yg berkelas dan sesuai yg diinginkan oleh seluruh pelanggan. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip walaupun untung sedikit yg urgen pelanggan puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar