Rabu, 04 Maret 2020

Perajin Kerajinan Logam Melayani Konsumen Kabupaten Kotawaringin Timur

Perajin Kerajinan Logam Melayani Konsumen Kabupaten Kotawaringin Timur . Kampung Tumang, Jateng lokasinya di antara lereng pegunungan Merapi dan Merbabu yang termahsyur . Kampung tersebut diketahui sebagai pusat perajin seni kuningan. Estetika tempa kerajinan berbahan logam tembaga telah mendarah daging pada orang Tumang, Jateng. Beberapa saudara Jawa Tengah membangun bisnis rumahan kerajinan tembaga buat ditawarkan ke beragam konsumen. Keahlian mengolah tembaga didapati secara turun-temurun dari nenek moyangnya. Banyak yang menyampaikan bahwa orang Tumang mengawali bisnis kerajinannya dg cuma menghasilkan alat kebutuhan rumah tangga contohnya dandang, panci, baskom, serta lain-lain walaupun demikian sekarang telah mengubah haluan ke kerajinan logam tembaga buat kebutuhan ornamen restoran, kantor, serta lain.





Kerajinan ukir tembaga serta kuningan di desa Tumang, Jateng, kini, mulai menggeliat dg meningkatnya orderan, baik orderan nasional atau internasional. Usaha kerajinan ukir kuningan terus tumbuh tak terkendali. Banyak orderan datang dari beragam daerah di Negara Kita serta luar negeri. Orderan kerajinan logam tembaga mengalami penambahan signifikan ini sebab oleh banyak parameter, diantaranya adalah hadirnya teknologi website. Dengan hadirnya teknologi internet maka ingin memudahkan para industri kerajinan tembaga buat menawarkan kerajinan kuningannya ke seluruh daerah serta berbagai negara. Teknologi internet begitu memudahkan para industri kerajinan tembaga. Salah satu industri kerajinan tembaga yang tertolong adalah AA Gallery. Saat ini AA Gallery bisa menawarkan produk kerajinan kuningan ke gorontalo. Tdk cuma itu saja, AA Gallery jg menawarkan produk kerajinan tembaga ke depok.



Contoh Kerajinan Logam adalah lampu gantung, relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, kubah masjid, air mancur, serta lain-lain. Pembeli jg bisa memesan kerajinan logam sesuai dg seleranya. Mereka bisa punya desain pribadi AA Gallery yang meujudkannya.


Mungkin saja banyak yang bertanya-tanya harga kerajinan logam itu. Harga kerajinan logam begitu beraneka ragam walaupun demikian AA Gallery ingin berupaya memberikan harga yang sesuai. Harga kerajinan logam dipengaruhi oleh banyak parameter. Antara lain ini adalah lebih dari satu parameter yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, size kerajinan tembaga ( semakin besar size kerajinan tembaga tentunya harganya semakin tinggi sebab bahan baku yang dimanfaatkan jg banyak, demikian sebaliknya semakin kecil tentunya harganya juga murah sebab bahan yang dimanfaatkan juga sedikit), level kerumitan pembuatan ( semakin rumit maka semakin tinggi harganya, demikian sebaliknya semakin tidak sulit, harga jg semakin murah), jumlah pembelian ( semakin banyak orderan tentunya semakin murah), untuk orderan dari daerah lain di luar Tumang tentunya otomatis dikenai ongkir.

Kendala para industri kerajinan logam tak sedikit. Stabilitas ekonomi yang tak stabil bisa mempengaruhi jumlah orderan. Harga bahan baku jg mempengaruhi harga kerajinan logam. Kalau harga lempengan tembaga naik maka harga kerajinan logam juga naik. Problem lain, industri Cepogo masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tetapi selama customer bisa menerima harga yang telah diputuskan pengrajin tembaga maka industri tembaga bisa eksis walaupun demikian minim untung. Oleh sebab itu, pengusaha kerajinan tembaga terus-menerus berdoa stabilitas ekonomi terus-menerus stabil sehingga tak mengganggu bisnis bisnis kerajinan logam.

Sebagai pengusaha kerajinan logam wajib kreatif serta wajib menyesuaikan selera prospek. Masa ini AA Gallery tak cuma menerima orderan kerajinan logam yang dibutuhkan buat kebutuhan eksterior kantor namun telah merambah pada projek kubah masjid. Sehubungan kubah masjid umumnya berukuran besar maka harga kubah masjid jg dapat dikatakan besar. Tentang ukiran kubah bisa menyesuaikan keinginan customer.

Pada bln Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang menyenangkan adalah AA Gallery menerima kepercayaan buat menghasilkan serta memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Islamic Center itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery kerjakan tak cuma satu saja tetapi banyak.

Islamic Center di Padang Panjang itu telah diresmikan oleh Bp. Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Sejak diresmikannya Islamic Center di Padang Panjang itu maka selanjutnya menjadi pusat aktivitas serta ibadah bagi umat Islam di Padang Panjang. Masjid itu menjadi kebanggaan bagi masyarakat Sumatera Barat.

Setelah memiliki pengalaman semenjak thn 1990-an, sekarang AA Gallery bertambah percaya diri untuk menerima orderan kerajinan tembaga dari samarinda. Bermodalkan pengalaman berpuluh tahun thn menghasilkan seni kuningan, AA Gallery semakin paham metode untuk menghasilkan seni kuningan yang bermutu serta sesuai yang diinginkan oleh seluruh customer. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip tidak mengapa laba sedikit yang penting customer puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar