Rabu, 04 Maret 2020

Perajin Kerajinan Logam Melayani Prospek Kabupaten Siak

Perajin Kerajinan Logam Melayani Prospek Kabupaten Siak . Perkampungan Tumang, Boyolali-Jawa Tengah terletak di antara lereng gunung Merapi & Merbabu yang terkenal . Perkampungan Tumang tsb disebut sebagai pusat pengrajin seni tembaga. Estetika ukir kerajinan berbahan logam kuningan telah mendarah daging pada masyarakat Tumang, Boyolali-Jawa Tengah. Banyak saudara Boyolali mendirikan bisnis di rumah kerajinan tembaga buat dipasarkan ke beragam pasar. Keahlian menempa tembaga didapatkan secara turun-temurun dari nenek moyangnya. Tidak sedikit yang menjelaskan bahwa masyarakat Tumang memulai bisnis kerajinannya dengan hanya memproduksi alat perkakas rumah tangga seperti dandang, wajan, baskom, serta sebagainya walau demikian saat ini telah berubah haluan ke kerajinan logam kuningan buat keperluan ornamen cafe, rumah, serta lainnya.





Seni ukir tembaga serta kuningan di desa Tumang, Boyolali-Jawa Tengah, akhir-akhir ini, mulai menarik dengan meningkatnya jumlah permintaan, baik permintaan daerah maupun manca negara. Kerja kerajinan ukir tembaga selalu berkembang tak terkendali. Banyak permintaan datang dari beragam daerah di NKRI serta luar negeri. Permintaan kerajinan logam tembaga mengalami penambahan begitu signifikan ini disebabkan oleh banyak faktor, contohnya ialah adanya teknologi internet. Dengan adanya teknologi website maka ingin memudahkan para produsen kerajinan tembaga buat mempromosikan kerajinan tembaganya ke seluruh daerah serta banyak negara. Teknologi website amat memudahkan para produsen kerajinan tembaga. Salah satu produsen kerajinan tembaga yang terbantu ialah AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery bisa mempromosikan produk kerajinan kuningan ke palangkaraya. Tidak hanya tsb saja, AA Gallery juga mempromosikan produk kerajinan tembaga ke medan.



Contoh Seni Logam ialah kerajinan kaligrafi, robyong, relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, kubah masjid, air mancur, serta lainnya. Pembeli juga bisa memesan kerajinan logam kuningan sesuai dengan kemauannya. Mereka dpt memiliki design sendiri lalu AA Gallery yang meujudkannya.


Mgkn sahaja tidak sedikit yang bertanya-tanya harga kerajinan logam tembaga tsb. Harga kerajinan logam kuningan amat bermacam-macam walau demikian AA Gallery ingin berusaha menawarkan harga yang sesuai. Harga kerajinan logam kuningan dipengaruhi oleh banyak faktor. Contohnya berikut ini ini ialah beberapa faktor yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualiti bahan baku kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( semakin besar besaran kerajinan tembaga tentu harganya semakin tinggi disebabkan bahan baku yang dimanfaatkan bertambah banyak, demikian juga sebaliknya semakin mini tentu harganya semakin murah disebabkan bahan yang dimanfaatkan semakin sedikit), tingkat kerumitan pembuatan ( semakin rumit maka semakin tinggi harganya, demikian juga sebaliknya semakin mudah, harganya juga semakin murah), kuantitas ( semakin banyak permintaan tentu juga murah), jika permintaan dari daerah lain tentu otomatis dikenai ongkir.

Permasalahan para perajin kerajinan logam tembaga tak sedikit. Kondisi ekonomi yang tak stabil bisa memengaruhi jumlah permintaan. Harga bahan baku juga memengaruhi harga kerajinan logam tembaga. Jika harga lempengan tembaga mahal maka harga kerajinan logam tembaga akan mahal. Permasalahan lainnya, perajin Tumang masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tapi selama customer bisa mendapat harga yang telah ditetapkan pengrajin tembaga maka perajin tembaga bisa eksis walau minim untung. Oleh disebabkan tsb, pengrajin kerajinan tembaga tetap berharap kondisi ekonomi tetap stabil sehingga tak mengganggu bisnis bisnis kerajinan logam tembaga.

Sebagai pengrajin kerajinan logam tembaga wajib inovatif serta wajib menyesuaikan permintaan prospek. Sekarang AA Gallery tak hanya mendapat permintaan kerajinan logam tembaga yang dibutuhkan buat keperluan hiasan rumah tapi telah merambah pada produksi kubah masjid. Sehubungan kubah masjid pada umumnya berukuran besar maka harga kubah masjid juga terbilang besar. Berkaitan dengan desain kubah bisa mengikuti keinginan customer.

Pada Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yang keren ialah AA Gallery mendapat kepercayaan buat memproduksi serta memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Padang Panjang tsb. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery produksi tak hanya satu sahaja melainkan begitu banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tsb telah diresmikan oleh Bp. Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Sejak diresmikannya Islamic Center di Padang Panjang tsb maka setelah itu mjd pusat aktivitas serta ibadah buat umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tsb mjd kebanggaan bagi khalayak Padang Panjang.

Sesudah memiliki pengalaman sejak thn 1990-an, saat ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk mendapat permintaan kerajinan tembaga dari batu. Bermodal pengalaman puluhan thn berkarya seni logam, AA Gallery semakin mengetahui metode untuk memproduksi seni logam yang berkelas serta cocok yang diharapkan oleh semua customer. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip meskipun untung sedikit yang penting customer terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar