Rabu, 04 Maret 2020

Ahli Seni Ukir Tembaga Melayani Pasar Kota Lhokseumawe

Ahli Seni Ukir Tembaga Melayani Pasar Kota Lhokseumawe . Kampung Tumang, Cepogo-Boyolali terletak di antara lereng pegunungan Merapi dan Merbabu yang terkenal . Kampung tersebut dikenal sebagai sentra pengusaha seni ukir tembaga. Keindahan ukir kerajinan berbahan logam tembaga telah menyatu pd khalayak Tumang, Cepogo-Boyolali. Lebih dari satu keluarga Boyolali-Jateng mendirikan kerja rumahan kerajinan kuningan buat ditawarkan ke beragam pasar. Ketrampilan mengukir kuningan didapatkan secara turun-temurun dari para sesepuhnya. Banyak yang bercerita bahwa khalayak Tumang mengawali kerja kerajinannya dgn hanya menghasilkan alat perkakas rumah tangga misalnya alat menanak nasi, wajan, baskom, juga lainnya walaupun demikian kini telah beralih ke kerajinan logam tembaga buat keperluan asesoris hotel, rumah, juga lain.





Kerajinan ukir tembaga juga kuningan di perkampungan Tumang, Cepogo-Boyolali, masa ini, mulai menarik dgn meningkatnya pesanan, baik pesanan nasional ataupun luar negeri. Usaha kerajinan ukir tembaga tetap tumbuh cepat. Banyak pesanan datang dari beragam wilayah di Negara Tercinta juga manca negara. Pesanan kerajinan kuningan semakin cukup signifikan ini dikarenakan oleh banyak faktor, contohnya yaitu munculnya teknologi cyber. Dgn munculnya teknologi website maka mau memudahkan para ahli kerajinan kuningan buat mengiklankan kerajinan tembaganya ke semua wilayah juga banyak negara. Teknologi website memudahkan para ahli kerajinan kuningan. Salah satu ahli kerajinan kuningan yang tertolong yaitu AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery bisa mengiklankan produk kerajinan tembaga ke salatiga. Nggak hanya itu saja, AA Gallery juga mengiklankan produk kerajinan tembaga ke sibolga.



Contoh Kerajinan Kuningan yaitu lampu gantung, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, ornamen masjid, air mancur, juga lainnya. Pembeli juga bisa memesan kerajinan logam tembaga sesuai dgn seleranya. Mereka dpt punya desain sendiri AA Gallery yang mengerjakannya.


Mungkin saja tidak sedikit yang bertanya-tanya harga kerajinan logam kuningan itu. Harga kerajinan logam tembaga beraneka ragam walaupun demikian AA Gallery mau berupaya menawarkan harga yang sesuai. Harga kerajinan logam tembaga disebabkan oleh banyak faktor. Dibawah ini ini yaitu lebih dari satu faktor yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, size kerajinan tembaga ( semakin besar size kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya semakin tinggi dikarenakan bahan yang dimanfaatkan semakin banyak, demikian sebaliknya semakin mini sudah sewajarnya harganya semakin murah dikarenakan bahan yang dimanfaatkan semakin sedikit), level kesulitan produksi ( semakin rumit maka semakin tinggi harganya, demikian sebaliknya semakin gampang, harganya juga menjadi murah), kuantitas ( semakin banyak pesanan sudah sewajarnya juga murah), untuk pesanan dari wilayah lainnya sudah sewajarnya secara otomatis dikenai biaya kirim.

Kendala para produsen kerajinan logam kuningan tidak sedikit. Stabilitas ekonomi yang tidak stabil bisa mempengaruhi banyaknya pesanan. Harga bahan juga mempengaruhi harga kerajinan logam kuningan. Jika harga lempengan kuningan naik maka harga kerajinan logam kuningan jg naik. Problem lain, produsen Cepogo-Boyolali masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tapi selama pelanggan bisa mendapatkan harga yang telah diputuskan pengrajin tembaga maka produsen tembaga bisa eksis meskipun minim untung. Oleh dikarenakan itu, pengusaha kerajinan tembaga kontinyu berdoa kondisi ekonomi kontinyu stabil jadi tidak mengganggu kerja kerja kerajinan logam kuningan.

Sebagai pengusaha kerajinan logam kuningan wajib kreatif juga wajib memantau keinginan prospek. Masa ini AA Gallery tidak hanya mendapatkan pesanan kerajinan logam kuningan yang dibutuhkan buat keperluan asesoris kantor namun telah bertambah pd produksi kubah masjid. Mengingat kubah masjid umumnya berukuran besar maka harga kubah masjid juga bernilai besar. Tentang design kubah bisa mengikuti keinginan pelanggan.

Pd Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang menyenangkan yaitu AA Gallery mendapatkan kepercayaan buat menghasilkan juga memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery buat tidak hanya satu sahaja akan tetapi sangat banyak.

Islamic Center di Padang Panjang itu telah dibuka oleh Bp. Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Semenjak dibukanya Islamic Center di Padang Panjang itu maka setelah itu mjd sentra kegiatan juga ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid itu mjd kebanggaan bagi khalayak Sumatera Barat.

Setelah berpengalaman sejak thn 1990-an, kini AA Gallery semakin percaya diri untuk mendapatkan pesanan kerajinan kuningan dari sibolga. Dengan modal pengalaman puluhan thn membuat seni kuningan, AA Gallery semakin mengerti cara guna menghasilkan seni kuningan yang memiliki kualitas juga sesuai yang diharapkan oleh seluruh pelanggan. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip meskipun untung sedikit yang urgen pelanggan puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar