Rabu, 04 Maret 2020

Ahli Seni Ukir Logam Melayani Pasar Kabupaten Sanggau

Ahli Seni Ukir Logam Melayani Pasar Kabupaten Sanggau . Desa Tumang, Boyolali berada di antara lereng gunung Merapi and Merbabu yang terkenal . Desa Tumang tersebut disebut sebagai sentra produsen seni ukir tembaga. Keindahan ukir kerajinan berbahan tembaga sudah mendarah daging pada orang Tumang, Boyolali. Lebih dari satu saudara Boyolali-Jawa Tengah memilih bisnis rumahan kerajinan tembaga untuk ditawarkan ke berbagai pasar. Skill mengukir tembaga diwarisi secara turun-temurun dari nenek-kakeknya. Tidak sedikit yang bercerita bahwa orang Tumang mengawali bisnis kerajinannya dg cuma menghasilkan alat kebutuhan rumah tangga diantaranya alat menanak nasi, wajan, ceret, juga lain-lain namun saat ini sudah berganti ke kerajinan tembaga untuk keperluan asesoris hotel, gedung, juga lainnya.





Kerajinan ukir tembaga juga kuningan di kampung Tumang, Boyolali, saat ini, mulai memberi harapan dg meningkatnya jumlah orderan, baik orderan lokal dan juga manca negara. Bisnis kerajinan ukir tembaga semakin tumbuh tak terelakan. Banyak orderan datang dari berbagai wilayah di Negara Kita juga luar negeri. Permintaan kerajinan tembaga mengalami penambahan sangat signifikan ini karena oleh banyak faktor, diantaranya yakni hadirnya teknologi website. Dg hadirnya teknologi internet maka akan memudahkan para industri kerajinan tembaga untuk mengiklankan kerajinan kuningannya ke semua wilayah juga banyak negara. Teknologi internet amat memudahkan para industri kerajinan tembaga. Salah satu industri kerajinan tembaga yang tertolong yakni AA Gallery. Kini AA Gallery dpt mengiklankan produk kerajinan kuningan ke jakarta utara. Tak cuma itu saja, AA Gallery juga mengiklankan produk kerajinan tembaga ke bandar lampung.



Contoh Kerajinan Logam Tembaga yakni lampu gantung, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, logo, kubah masjid, air mancur, juga lainnya. Customer juga dpt memesan kerajinan sesuai dg kemauannya. Mereka dapat punya desain pribadi lalu AA Gallery yang meujudkannya.


Mungkin tidak sedikit yang bertanya-tanya harga kerajinan logam kuningan itu. Harga kerajinan amat bermacam-macam namun AA Gallery akan berusaha menawarkan harga yang kompetitif. Harga kerajinan dipengaruhi oleh banyak faktor. Banyak hal sbb ini yakni banyak faktor yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualiti bahan baku kerajinan, size kerajinan tembaga ( semakin besar size kerajinan tembaga tentu saja harganya semakin tinggi karena bahan baku yang dimanfaatkan semakin banyak, demikian sebaliknya semakin kecil tentu saja harganya jg murah karena bahan yang dimanfaatkan jg sedikit), tingkat kerumitan pembuatan ( semakin rumit maka semakin tinggi harganya, demikian sebaliknya semakin tak sulit, harganya juga semakin murah), kuantitas ( semakin banyak orderan tentu saja juga murah), jika orderan dari wilayah lainnya di luar Tumang tentu saja akan dikenai ongkir.

Problem para pengrajin kerajinan logam kuningan nggak sedikit. Stabilitas ekonomi yang nggak stabil dpt mempengaruhi banyaknya orderan. Harga bahan baku juga mempengaruhi harga kerajinan logam kuningan. Kalau harga lempengan tembaga naik maka harga kerajinan logam kuningan juga naik. Permasalahan lainnya, pengrajin Boyolali masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Namun selama konsumen dpt meraih harga yang sudah diputuskan pengrajin tembaga maka pengrajin tembaga dpt eksis walau demikian minim untung. Oleh karena itu, pengusaha kerajinan tembaga kontinyu bermimpi kondisi ekonomi kontinyu stabil sehingga nggak mengganggu bisnis bisnis kerajinan logam kuningan.

Sebagai pengusaha kerajinan logam kuningan harus kreatif juga harus memantau keinginan pasar. Masa ini AA Gallery nggak cuma meraih orderan kerajinan logam kuningan yang dibutuhkan untuk keperluan interior hotel namun sudah bertambah pada produksi kubah masjid. Berhubung kubah masjid pada umumnya ukurannya besar maka harga kubah masjid juga terbilang besar. Mengenai hiasan kubah dpt mengikuti keinginan konsumen.

Pada Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yang menyenangkan yakni AA Gallery meraih kepercayaan untuk menghasilkan juga memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Islamic Center itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery kerjakan nggak cuma satu saja tapi sangat banyak.

Islamic Center itu sudah dibuka oleh ketua MPR Indonesia masa itu. Sejak dibukanya Islamic Center itu maka selanjutnya mjd sentra aktivitas juga ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu mjd kebanggaan bagi masyarakat Sumatera Barat.

Sesudah berpengalaman semenjak th 1990-an, saat ini AA Gallery meningkat percaya diri untuk meraih orderan kerajinan tembaga dari manado. Bermodal pengalaman puluhan th membuat kerajinan kuningan, AA Gallery semakin mengerti teknik untuk menghasilkan kerajinan kuningan yang ber-quality juga cocok yang diinginkan oleh seluruh konsumen. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip walaupun laba sedikit yang urgen konsumen terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar