Rabu, 04 Maret 2020

Industri Kerajinan Logam Kuningan Melayani Pelanggan Kota Gunungsitoli

Industri Kerajinan Logam Kuningan Melayani Pelanggan Kota Gunungsitoli . Perkampungan Tumang, Boyolali berlokasi di antara lereng gunung Merapi dan Merbabu yg termahsyur . Perkampungan Tumang tersebut diketahui sebagai sentra perajin kerajinan tembaga. Estetika ukir kerajinan berbahan logam sudah mendarah daging pd publik Tumang, Boyolali. Lebih dari satu keluarga Boyolali memilih bisnis rumahan kerajinan tembaga untuk ditawarkan ke bermacam pasar. Keahlian menempa tembaga dipunyai secara turun-temurun dari orang tuanya. Tidak sedikit yg menjelaskan bahwa publik Tumang memulai bisnis kerajinannya dgn sekadar memproduksi alat perkakas rumah tangga seperti dandang, panci, teko, juga sebagainya tapi sekarang sudah berubah haluan ke kerajinan logam untuk keperluan asesoris restoran, gedung, juga lain.





Kerajinan ukir tembaga juga kuningan di kampung Tumang, Boyolali, baru-baru ini, mulai menarik dgn naiknya pesanan, baik pesanan nasional ataupun internasional. Bisnis kerajinan ukir tembaga tetap berkembang cepat. Banyak pesanan berdatangan dari bermacam daerah di Negara Tercinta juga luar negeri. Pesanan kerajinan logam kuningan bertambah sangat signifikan ini sebab oleh banyak parameter, diantaranya ialah adanya teknologi cyber. Dengan adanya teknologi website maka mau menolong para produsen kerajinan tembaga untuk menawarkan kerajinan kuningannya ke seluruh daerah juga manca negara. Teknologi website amat menolong para produsen kerajinan tembaga. Salah satu produsen kerajinan tembaga yg tertolong ialah AA Gallery. Saat ini AA Gallery bisa menawarkan produk kerajinan tembaga ke manado. Tdk sekadar tsb saja, AA Gallery jg menawarkan produk kerajinan tembaga ke dumai.



Contoh Kerajinan Logam Tembaga ialah robyong, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, logo, kubah masjid, bak mandi, juga lainnya. Pembeli jg bisa memesan kerajinan logam sesuai dgn keinginannya. Mereka dapat mempunyai desain pribadi setelah itu AA Gallery yg memproduksinya.


Mgkn tidak sedikit yg menanyakan harga kerajinan kuningan tsb. Harga kerajinan logam amat beragam tapi AA Gallery mau berupaya memberikan harga yg kompetitif. Harga kerajinan logam ditentukan oleh banyak parameter. Berikut ini ialah banyak parameter yg mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( semakin besar besaran kerajinan tembaga tentu harganya semakin mahal sebab bahan yg digunakan semakin banyak, demikian sebaliknya semakin kecil tentu harganya semakin murah sebab bahan yg digunakan semakin sedikit), level kesulitan produksi ( semakin rumit maka semakin mahal harganya, demikian sebaliknya semakin mudah, harga jg semakin murah), kuantitas ( semakin banyak pesanan tentu juga murah), jika pesanan dari daerah lainnya di luar Tumang tentu auto dikenai biaya kirim.

Problem para pengusaha kerajinan kuningan tidak sedikit. Kondisi ekonomi yg tidak stabil bisa mempengaruhi jumlah pesanan. Harga bahan jg mempengaruhi harga kerajinan kuningan. Jika harga lempengan tembaga naik maka harga kerajinan kuningan jg naik. Problem lain, pengusaha Boyolali masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walaupun Demikian selama pelanggan bisa mendapatkan harga yg sudah ditetapkan pengrajin tembaga maka pengusaha tembaga bisa eksis walaupun demikian minim untung. Oleh sebab tsb, pengusaha kerajinan tembaga terus-menerus bermimpi stabilitas ekonomi terus-menerus stabil jadi tidak mengganggu bisnis bisnis kerajinan kuningan.

Sebagai pengusaha kerajinan kuningan diharuskan inovatif juga diharuskan memantau permintaan pasar. Sekarang AA Gallery tidak sekadar mendapatkan pesanan kerajinan kuningan yg dibutuhkan untuk keperluan asesoris rumah namun sudah merambah pd pembuatan kubah masjid. Mengingat kubah masjid biasanya berukuran besar maka nilai proyek kubah masjid jg dapat dikatakan besar. Berhubungan dengan hiasan kubah bisa mengikuti keinginan pelanggan.

Pada Ferbuari 2018 yg lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yg membanggakan ialah AA Gallery mendapatkan kepercayaan untuk memproduksi juga memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Padang Panjang tsb. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery selesaikan tidak sekadar satu sahaja tapi cukup banyak.

Islamic Center tsb sudah dibuka oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Sejak diresmikannya Islamic Center tsb maka setelah itu mjd sentra aktivitas juga ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid tsb mjd kebanggaan bagi warga Indonesia.

Setelah memiliki pengalaman sejak thn 1990-an, sekarang AA Gallery meningkat percaya diri untuk mendapatkan pesanan kerajinan tembaga dari jakarta utara. Bermodalkan pengalaman berpuluh tahun thn membuat seni tembaga, AA Gallery semakin mengetahui teknik guna memproduksi seni tembaga yg berkualiti juga sesuai yg diinginkan oleh semua pelanggan. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip meski laba sedikit yg urgen pelanggan puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar