Rabu, 04 Maret 2020

Industri Kerajinan Kuningan Melayani Pelanggan Kota Sabang

Industri Kerajinan Kuningan Melayani Pelanggan Kota Sabang . Desa Tumang, Cepogo berada di antara lereng gunung Merapi & Merbabu yg banyak dikenal itu. Desa tersebut diketahui sbg pusat bisnis seni tembaga. Estetika ukir kerajinan berbahan kuningan telah menyatu pd khalayak Tumang, Cepogo. Banyak family Cepogo-Boyolali membangun kerja di rumah kerajinan logam untuk dipasarkan ke berbagai konsumen. Keahlian menempa logam dipunyai secara turun-temurun dari orang tuanya. Banyak yg menceritakan bahwa khalayak Tumang memulai kerja kerajinannya dengan sekedar membuat alat keperluan rumah tangga seperti alat menanak nasi, wajan, alat merebus air, and lainnya walau demikian masa ini telah berganti ke kerajinan kuningan untuk kebutuhan dekorasi restoran, rumah, and lain.





Seni ukir tembaga and kuningan di perkampungan Tumang, Cepogo, baru-baru ini, mulai menarik dengan naiknya orderan, baik orderan lokal atau manca negara. Kerja kerajinan ukir tembaga terus berkembang tak terkendali. Banyak orderan berdatangan dari berbagai wilayah di NKRI and manca negara. Permintaan kerajinan logam tembaga meningkat begitu signifikan ini karena oleh banyak variabel, diantaranya adalah hadirnya teknologi dunia maya. Dgn hadirnya teknologi internet maka ingin membantu para pengrajin kerajinan logam untuk mempromosikan kerajinan tembaganya ke semua wilayah and banyak negara. Teknologi internet membantu para pengrajin kerajinan logam. Salah satu pengrajin kerajinan logam yg terbantu adalah AA Gallery. Sekarang AA Gallery bisa mempromosikan produk kerajinan tembaga ke kotawaringin barat. Nggak sekedar tsb saja, AA Gallery jg mempromosikan produk kerajinan tembaga ke palu.



Contoh Seni Logam adalah lampu gantung, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, logo, ornamen masjid, air mancur, and lainnya. Customer jg bisa mengorder kerajinan sesuai dengan keinginannya. Mereka bisa mempunyai design sendiri kemudian AA Gallery yg membuatnya.


Mgkn saja banyak yg ingin tahu harga kerajinan tembaga tsb. Harga kerajinan bermacam-macam walau demikian AA Gallery ingin berusaha memberikan harga yg kompetitif. Harga kerajinan dipengaruhi oleh banyak variabel. Berikut ini ini adalah lebih dari satu variabel yg menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, size kerajinan tembaga ( bertambah besar size kerajinan tembaga semestinya harganya bertambah tinggi karena bahan yg dipakai bertambah banyak, demikian sebaliknya bertambah mini semestinya harganya jg murah karena bahan yg dipakai jg sedikit), tingkat kesulitan produksi ( bertambah rumit maka bertambah tinggi harganya, demikian sebaliknya bertambah tidak sulit, harga jg semakin murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak orderan semestinya juga murah), untuk orderan dari wilayah lainnya semestinya mau-tidak mau dikenai biaya kirim.

Permasalahan para pengrajin kerajinan tembaga tidak sedikit. Kondisi ekonomi yg tidak stabil bisa mempengaruhi banyaknya orderan. Harga bahan jg mempengaruhi harga kerajinan tembaga. Jikalau harga lempengan logam mahal maka harga kerajinan tembaga akan mahal. Permasalahan lain, pengrajin Boyolali masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tapi selama pelanggan bisa menerima harga yg telah ditentukan pengrajin tembaga maka pengrajin tembaga bisa eksis walaupun minim untung. Oleh karena tsb, ahli kerajinan tembaga selalu berdoa stabilitas ekonomi selalu stabil shngg tidak mengganggu kerja kerja kerajinan tembaga.

Sebagai ahli kerajinan tembaga diharuskan kreatif and diharuskan memantau selera konsumen. Saat ini AA Gallery tidak sekedar menerima orderan kerajinan tembaga yg dibutuhkan untuk kebutuhan eksterior kantor tetapi telah merambah pd projek kubah masjid. Berhubung kubah masjid biasanya berukuran besar maka harga kubah masjid jg bernilai besar. Berhubungan dengan desain kubah bisa menyesuaikan keinginan pelanggan.

Pd bln Ferbuari 2018 yg lalu, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yg membanggakan adalah AA Gallery menerima kepercayaan untuk membuat and memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Islamic Center tsb. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery produksi tidak sekedar satu sahaja tapi banyak.

Islamic Center tsb telah dibuka secara resmi oleh ketua MPR Indonesia masa itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center tsb maka kemudian menjadi pusat aktivitas and ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid tsb menjadi kebanggaan bagi khalayak Padang Panjang.

Setelah berpengalaman sejak tahun 1990-an, masa ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk menerima orderan kerajinan tembaga dari probolinggo. Bermodalkan pengalaman puluhan tahun menghasilkan seni kuningan, AA Gallery bertambah mengerti cara guna membuat seni kuningan yg ber-quality and sesuai yg diharapkan oleh seluruh pelanggan. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip tidak mengapa laba sedikit yg urgen pelanggan puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar