Rabu, 04 Maret 2020

Industri Seni Ukir Kuningan Melayani Prospek Kabupaten Banyu Asin

Industri Seni Ukir Kuningan Melayani Prospek Kabupaten Banyu Asin . Kampung Tumang, Cepogo-Jawa Tengah posisinya di antara lereng pegunungan Merapi & Merbabu yg terkenal . Kampung tsb disebut sbg sentra perajin seni tembaga. Estetika tempa kerajinan berbahan tembaga telah mendarah daging pada orang Tumang, Cepogo-Jawa Tengah. Lebih dari satu saudara Jawa Tengah mendirikan bisnis rumahan kerajinan logam buat ditawarkan ke bermacam konsumen. Skill menempa logam diwarisi secara turun-temurun dari para pendahulunya. Tidak sedikit yg menceritakan bahwa orang Tumang mengawali bisnis kerajinannya dengan sekadar membuat alat keperluan rumah tangga seperti dandang, wajan, alat merebus air, juga lain-lain tetapi sekarang telah bertolak ke kerajinan tembaga buat keperluan ornamen hotel, rumah, juga lainnya.





Kerajinan ukir tembaga juga kuningan di kampung Tumang, Cepogo-Jawa Tengah, kini, mulai memberi harapan dengan naiknya permintaan, baik permintaan daerah dan juga manca negara. Kerja kerajinan ukir tembaga terus tumbuh cepat. Banyak permintaan berdatangan dari bermacam daerah di NKRI juga luar negeri. Pesanan kerajinan logam tembaga meningkat begitu signifikan ini sebab oleh banyak faktor, contohnya yaitu adanya teknologi internet. Dg adanya teknologi website maka akan memudahkan para pengrajin kerajinan logam buat menawarkan kerajinan tembaganya ke seluruh daerah juga berbagai negara. Teknologi website amat memudahkan para pengrajin kerajinan logam. Salah satu pengrajin kerajinan logam yg terbantu yaitu AA Gallery. Masa Ini AA Gallery dpt menawarkan produk kerajinan kuningan ke bali. Tidak sekadar tersebut saja, AA Gallery jg menawarkan produk kerajinan tembaga ke lhokseumawe.



Contoh Kerajinan Logam Tembaga yaitu kerajinan kaligrafi, robyong, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, logo, ornamen masjid, air mancur, juga lain-lain. Konsumen jg dpt mengorder kerajinan tembaga sesuai dengan seleranya. Mereka dpt memiliki design sendiri lalu AA Gallery yg membuatnya.


Mgkn sahaja banyak yg bertanya-tanya harga kerajinan tembaga tersebut. Harga kerajinan tembaga amat beraneka ragam tetapi AA Gallery akan berupaya memberikan harga yg pas. Harga kerajinan tembaga ditentukan oleh banyak faktor. Dibawah ini ini yaitu lebih dari satu faktor yg menyebabkan harga kerajinan tembaga : mutu bahan baku kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( bertambah besar ukuran kerajinan tembaga tentunya harganya bertambah tinggi sebab bahan baku yg dimanfaatkan jg banyak, demikian sebaliknya bertambah kecil tentunya harganya semakin murah sebab bahan yg dimanfaatkan semakin sedikit), tingkat kesulitan produksi ( bertambah sulit maka bertambah tinggi harganya, demikian sebaliknya bertambah tidak sulit, harganya jg juga murah), kuantitas ( bertambah banyak permintaan tentunya juga murah), untuk permintaan dari daerah lainnya di luar Tumang tentunya otomatis ditambah ongkir.

Kendala para pebisnis kerajinan tembaga tidak sedikit. Kondisi ekonomi yg tidak stabil dpt mempengaruhi banyaknya permintaan. Harga bahan baku jg mempengaruhi harga kerajinan tembaga. Kalau harga lempengan logam mahal maka harga kerajinan tembaga jg mahal. Permasalahan lainnya, pebisnis Boyolali-Jawa Tengah masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tapi selama konsumen dpt mendapat harga yg telah ditentukan pengrajin tembaga maka pebisnis tembaga dpt eksis meski minim untung. Oleh sebab tersebut, pebisnis kerajinan tembaga terus-menerus berdoa stabilitas ekonomi terus-menerus stabil shngg tidak mengganggu bisnis bisnis kerajinan tembaga.

Sebagai pebisnis kerajinan tembaga diharuskan inovatif juga diharuskan memantau selera konsumen. Kini AA Gallery tidak sekadar mendapat permintaan kerajinan tembaga yg dibutuhkan buat keperluan eksterior rumah tetapi telah bertambah pada projek kubah masjid. Berhubung kubah masjid umumnya berukuran besar maka nilai projek kubah masjid jg bernilai besar. Berkaitan dengan ukiran kubah dpt mengikuti kemauan konsumen.

Pd Ferbuari 2018 yg lalu, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yg keren yaitu AA Gallery mendapat kepercayaan buat membuat juga memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Padang Panjang tersebut. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery produksi tidak sekadar satu saja akan tetapi banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tersebut telah dibuka secara resmi oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center di Padang Panjang tersebut maka kemudian menjadi sentra aktivitas juga ibadah buat umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tersebut menjadi kebanggaan bagi warga Sumatera Barat.

Setelah berpengalaman sejak tahun 1990-an, sekarang AA Gallery bertambah percaya diri untuk mendapat permintaan kerajinan tembaga dari pangkal pinang. Bermodal pengalaman puluhan tahun berkarya seni kuningan, AA Gallery bertambah mengerti metode guna membuat seni kuningan yg ber-quality juga cocok yg diharapkan oleh semua konsumen. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip meski laba sedikit yg penting konsumen terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar