Rabu, 04 Maret 2020

Pengrajin Seni Ukir Logam Melayani Pelanggan Kabupaten Belitung

Pengrajin Seni Ukir Logam Melayani Pelanggan Kabupaten Belitung . Kampung Tumang, Boyolali-Jateng lokasinya di antara kaki gunung Merapi dan Merbabu yang banyak dikenal itu. Kampung Tumang tersebut diketahui sbg sentra bisnis seni kuningan. Seni ukir kerajinan berbahan logam kuningan sudah mendarah daging pada khalayak Tumang, Boyolali-Jateng. Lebih dari satu keluarga Boyolali-Jateng memilih usaha di rumah kerajinan tembaga untuk dijual ke beragam pasar. Skill mengolah tembaga dipunyai secara turun-temurun dari orang tuanya. Banyak yang menjelaskan bahwa khalayak Tumang memulai usaha kerajinannya dgn sekadar membuat alat perkakas rumah tangga contohnya dandang, panci, ceret, juga sebagainya namun masa ini sudah berganti ke kerajinan logam kuningan untuk keperluan dekorasi cafe, kantor, juga lain.





Kerajinan ukir tembaga juga kuningan di desa Tumang, Boyolali-Jateng, sekarang, mulai menggeliat dgn naiknya pesanan, baik pesanan daerah maupun luar negeri. Kerja kerajinan ukir kuningan terus tumbuh pesat. Banyak pesanan berdatangan dari beragam wilayah di Negeri Kita juga manca negara. Pesanan kerajinan logam kuningan bertambah sangat signifikan ini dikarenakan oleh banyak parameter, diantaranya merupakan munculnya teknologi dunia maya. Dg munculnya teknologi website maka akan membantu para perajin kerajinan tembaga untuk mengenalkan kerajinan kuningannya ke semua wilayah juga banyak negara. Teknologi website cukup membantu para perajin kerajinan tembaga. Salah satu perajin kerajinan tembaga yang terbantu merupakan AA Gallery. Masa Ini AA Gallery dapat mengenalkan produk kerajinan tembaga ke singkawang. Tak sekadar tsb saja, AA Gallery jg mengenalkan produk kerajinan tembaga ke surabaya.



Contoh Kerajinan Logam Tembaga merupakan robyong, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, logo, kubah masjid, bak mandi, juga lainnya. Pelanggan jg dapat mengorder kerajinan tembaga sesuai dgn kemauannya. Mereka dapat punya design sendiri kemudian AA Gallery yang memproduksinya.


Mungkin sahaja tidak sedikit yang menanyakan harga kerajinan logam kuningan tsb. Harga kerajinan tembaga cukup bermacam-macam namun AA Gallery akan berusaha memberikan harga yang menarik. Harga kerajinan tembaga ditentukan oleh banyak parameter. Contohnya berikut ini ini merupakan lebih dari satu parameter yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( semakin besar besarnya kerajinan tembaga semestinya harganya semakin tinggi dikarenakan bahan baku yang dimanfaatkan bertambah banyak, demikian jg sebaliknya semakin mini semestinya harganya semakin murah dikarenakan bahan yang dimanfaatkan semakin sedikit), level kerumitan produksi ( semakin sulit maka semakin tinggi harganya, demikian jg sebaliknya semakin mudah, harganya jg juga murah), kuantitas ( semakin banyak pesanan semestinya semakin murah), untuk pesanan dari wilayah lain semestinya otomatis dikenai ongkir.

Kendala para perajin kerajinan logam kuningan nggak sedikit. Kondisi ekonomi yang nggak stabil dapat mempengaruhi banyaknya pesanan. Harga bahan baku jg mempengaruhi harga kerajinan logam kuningan. Jikalau harga lempengan tembaga naik maka harga kerajinan logam kuningan akan naik. Problem lain, perajin Jateng masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tetapi selama customer dapat mendapatkan harga yang sudah ditetapkan pengrajin tembaga maka perajin tembaga dapat eksis meski minim untung. Oleh dikarenakan tsb, produsen kerajinan tembaga kontinyu berharap stabilitas ekonomi kontinyu stabil jadi nggak mengganggu usaha usaha kerajinan logam kuningan.

Sebagai produsen kerajinan logam kuningan wajib inovatif juga wajib menyesuaikan permintaan pasar. Sekarang ini AA Gallery nggak sekadar mendapatkan pesanan kerajinan logam kuningan yang dibutuhkan untuk keperluan hiasan rumah namun sudah merambah pada pengerjaan kubah masjid. Sehubungan kubah masjid pada umumnya ukurannya besar maka nilai proyek kubah masjid jg bernilai besar. Mengenai hiasan kubah dapat menyesuaikan kemauan customer.

Pada bln Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yang menyenangkan merupakan AA Gallery mendapatkan kepercayaan untuk membuat juga memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Islamic Center tsb. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery kerjakan nggak sekadar satu sahaja tapi banyak.

Islamic Center tsb sudah dibuka secara resmi oleh ketua MPR Indonesia saat itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center tsb maka kemudian menjadi sentra kegiatan juga ibadah buat umat Islam di Padang Panjang. Masjid tsb menjadi kebanggaan bagi masyarakat Indonesia.

Setelah berpengalaman semenjak th 1990-an, masa ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk mendapatkan pesanan kerajinan kuningan dari tanjung balai. Bermodalkan pengalaman berpuluh tahun th membuat seni tembaga, AA Gallery semakin mengerti metode untuk membuat seni tembaga yang bermutu juga cocok yang diinginkan oleh seluruh customer. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip walau laba sedikit yang penting customer puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar