Rabu, 04 Maret 2020

Pengusaha Kerajinan Tembaga Melayani Prospek Kabupaten Pesisir Barat

Pengusaha Kerajinan Tembaga Melayani Prospek Kabupaten Pesisir Barat . Desa Tumang, Cepogo-Boyolali posisinya diapit lereng pegunungan Merapi dan Merbabu yg terkenal . Desa Tumang tersebut diketahui sbg sentra pengrajin seni ukir kuningan. Estetika tempa kerajinan berbahan logam kuningan sudah menyatu pd khalayak Tumang, Cepogo-Boyolali. Banyak family Boyolali membangun kerja rumahan kerajinan tembaga untuk dijual ke bermacam konsumen. Keahlian mengukir tembaga didapatkan secara turun-temurun dari nenek moyangnya. Tidak sedikit yg bercerita bahwa khalayak Tumang memulai kerja kerajinannya dengan hanya membuat alat keperluan rumah tangga misalnya dandang, panci, ceret, dan lainnya namun saat ini sudah mengubah haluan ke kerajinan logam kuningan untuk kebutuhan dekorasi cafe, gedung, dan lain-lain.





Seni ukir tembaga dan kuningan di desa Tumang, Cepogo-Boyolali, kini, mulai bergairah dengan naiknya jumlah permintaan, baik permintaan daerah maupun manca negara. Kerja kerajinan ukir kuningan semakin berkembang pesat. Banyak permintaan datang dari bermacam wilayah di Negara Kita dan manca negara. Permintaan kerajinan tembaga meningkat begitu signifikan ini disebabkan oleh banyak variabel, contohnya merupakan hadirnya teknologi website. Dg hadirnya teknologi internet maka akan menolong para perajin kerajinan tembaga untuk mempromosikan kerajinan tembaganya ke semua wilayah dan banyak negara. Teknologi internet begitu menolong para perajin kerajinan tembaga. Salah satu perajin kerajinan tembaga yg terbantu merupakan AA Gallery. Kini AA Gallery dapat mempromosikan produk kerajinan kuningan ke magelang. Tidak hanya itu saja, AA Gallery juga mempromosikan produk kerajinan tembaga ke tual.



Contoh Seni Kuningan merupakan kerajinan kaligrafi, robyong, relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, logo, ornamen masjid, bak mandi, dan lainnya. Customer juga dapat mengorder kerajinan sesuai dengan kemauannya. Mereka dpt punya desain sendiri AA Gallery yg membuatnya.


Mungkin saja banyak yg menanyakan harga kerajinan logam tembaga itu. Harga kerajinan begitu bermacam-macam namun AA Gallery akan berusaha memberikan harga yg kompetitif. Harga kerajinan dipengaruhi oleh banyak variabel. Berikut ini merupakan beberapa variabel yg mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( bertambah besar besaran kerajinan tembaga tentu harganya bertambah mahal disebabkan bahan baku yg dipakai bertambah banyak, demikian jg sebaliknya bertambah mungil tentu harganya jg murah disebabkan bahan yg dipakai jg sedikit), level kesulitan produksi ( bertambah rumit maka bertambah mahal harganya, demikian jg sebaliknya bertambah mudah, harga juga juga murah), kuantitas ( bertambah banyak permintaan tentu semakin murah), jika permintaan dari wilayah lainnya tentu akan dikenai biaya kirim.

Permasalahan para pebisnis kerajinan logam tembaga nggak sedikit. Kondisi ekonomi yg nggak stabil dapat memengaruhi banyaknya permintaan. Harga bahan baku juga memengaruhi harga kerajinan logam tembaga. Ketika harga lempengan tembaga mahal maka harga kerajinan logam tembaga akan mahal. Permasalahan lain-lain, pebisnis Cepogo-Boyolali masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tetapi selama konsumen dapat mendapatkan harga yg sudah diputuskan pengrajin tembaga maka pebisnis tembaga dapat eksis walaupun minim untung. Oleh disebabkan itu, pengrajin kerajinan tembaga kontinyu berharap kondisi ekonomi kontinyu stabil shngg nggak mengganggu kerja kerja kerajinan logam tembaga.

Sebagai pengrajin kerajinan logam tembaga harus inovatif dan harus memantau keinginan pasar. Saat ini AA Gallery nggak hanya mendapatkan permintaan kerajinan logam tembaga yg dibutuhkan untuk kebutuhan dekorasi kantor tapi sudah merambah pd pembuatan kubah masjid. Sehubungan kubah masjid biasanya ukurannya besar maka nilai proyek kubah masjid juga bernilai besar. Tentang design kubah dapat mengikuti kemauan konsumen.

Pd bulan Ferbuari 2018 yg lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yg menyenangkan merupakan AA Gallery mendapatkan kepercayaan untuk membuat dan memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery selesaikan nggak hanya satu saja tetapi cukup banyak.

Islamic Center Padang Panjang itu sudah dibuka secara resmi oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Sejak diresmikannya Islamic Center Padang Panjang itu maka selanjutnya menjadi sentra kegiatan dan ibadah bagi umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu menjadi kebanggaan bagi masyarakat Sumatera Barat.

Sesudah berpengalaman semenjak tahun 1990-an, saat ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk mendapatkan permintaan kerajinan kuningan dari magelang. Dengan bekal pengalaman berpuluh tahun tahun membuat seni logam, AA Gallery bertambah mengetahui metode guna membuat seni logam yg ber-quality dan sesuai yg diharapkan oleh semua konsumen. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip tidak mengapa untung sedikit yg penting konsumen puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar