Rabu, 04 Maret 2020

Perajin Seni Logam Kuningan Melayani Pasar Kota Tual

Perajin Seni Logam Kuningan Melayani Pasar Kota Tual . Kampung Tumang, Boyolali posisinya diapit kaki gunung Merapi dan Merbabu yg terkenal . Kampung tsb disebut sebagai sentra produsen seni ukir kuningan. Seni tempa kerajinan berbahan kuningan sudah mendarah daging pada masyarakat Tumang, Boyolali. Beberapa saudara Cepogo-Jawa Tengah membangun usaha rumahan kerajinan tembaga buat ditawarkan ke bermacam konsumen. Keahlian mengolah tembaga diwarisi secara turun-temurun dari para sesepuhnya. Tidak sedikit yg bercerita bahwa masyarakat Tumang memulai usaha kerajinannya dgn sekedar menghasilkan alat keperluan rumah tangga diantaranya alat menanak nasi, wajan, alat merebus air, & lain-lain walau demikian kini sudah bertolak ke kerajinan kuningan buat kebutuhan asesoris restoran, gedung, & lain-lain.





Kerajinan ukir tembaga & kuningan di perkampungan Tumang, Boyolali, saat ini, mulai bergairah dgn meningkatnya jumlah pesanan, baik pesanan lokal dan juga manca negara. Usaha kerajinan ukir kuningan tetap berkembang pesat. Banyak pesanan berdatangan dari bermacam wilayah di Negara Kita & luar negeri. Permintaan kerajinan logam tembaga bertambah signifikan ini dikarenakan oleh banyak faktor, diantaranya adalah munculnya teknologi dunia maya. Dgn munculnya teknologi website maka akan membantu para pengrajin kerajinan tembaga buat mempromosikan kerajinan tembaganya ke semua wilayah & manca negara. Teknologi website amat membantu para pengrajin kerajinan tembaga. Salah satu pengrajin kerajinan tembaga yg tertolong adalah AA Gallery. Saat ini AA Gallery dapat mempromosikan produk kerajinan kuningan ke pekanbaru. Tak sekedar tersebut saja, AA Gallery jg mempromosikan produk kerajinan kuningan ke jakarta utara.



Contoh Kerajinan Logam Kuningan adalah kerajinan kaligrafi, lampu gantung, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, ornamen masjid, air mancur, & lainnya. Pelanggan jg dapat mengorder kerajinan kuningan sesuai dgn keinginannya. Mereka dpt punya rancangan pribadi setelah itu AA Gallery yg meujudkannya.


Mungkin sahaja banyak yg bertanya-tanya harga kerajinan logam tembaga tersebut. Harga kerajinan kuningan amat beragam walau demikian AA Gallery akan berusaha menawarkan harga yg sesuai. Harga kerajinan kuningan disebabkan oleh banyak faktor. Contohnya berikut ini ini adalah lebih dari satu faktor yg memengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan baku kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( semakin besar besaran kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya semakin tinggi dikarenakan bahan yg dimanfaatkan juga banyak, demikian jg sebaliknya semakin mungil sudah sewajarnya harganya semakin murah dikarenakan bahan yg dimanfaatkan semakin sedikit), tingkat kesulitan pembuatan ( semakin rumit maka semakin tinggi harganya, demikian jg sebaliknya semakin tidak sulit, harga jg juga murah), jumlah pembelian ( semakin banyak pesanan sudah sewajarnya semakin murah), jika pesanan dari wilayah lainnya sudah sewajarnya secara otomatis dikenai ongkir.

Problem para industri kerajinan logam tembaga tidak sedikit. Kondisi ekonomi yg tidak stabil dapat memengaruhi jumlah pesanan. Harga bahan jg memengaruhi harga kerajinan logam tembaga. Disaat harga lempengan tembaga mahal maka harga kerajinan logam tembaga akan mahal. Problem lain-lain, industri Boyolali-Jateng masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tetapi selama customer dapat mendapat harga yg sudah diambil pengrajin tembaga maka industri tembaga dapat eksis walaupun minim untung. Oleh dikarenakan tersebut, pengrajin kerajinan tembaga tetap menginginkan stabilitas ekonomi tetap stabil shngg tidak mengganggu usaha usaha kerajinan logam tembaga.

Sebagai pengrajin kerajinan logam tembaga harus kreatif & harus menyesuaikan selera prospek. Sekarang ini AA Gallery tidak sekedar mendapat pesanan kerajinan logam tembaga yg dibutuhkan buat kebutuhan eksterior kantor tapi sudah merambah pada projek kubah masjid. Sehubungan kubah masjid biasanya ukurannya besar maka harga kubah masjid jg terbilang besar. Berkaitan dengan desain kubah dapat menyesuaikan kemauan customer.

Pada Ferbuari 2018 yg lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yg menyenangkan adalah AA Gallery mendapat kepercayaan buat menghasilkan & memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Islamic Center tersebut. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery kerjakan tidak sekedar satu sahaja tapi begitu banyak.

Islamic Center Padang Panjang tersebut sudah diresmikan oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Semenjak dibukanya Islamic Center Padang Panjang tersebut maka setelah itu mjd sentra aktivitas & ibadah bagi umat Islam di Padang Panjang. Masjid tersebut mjd kebanggaan bagi khalayak Indonesia.

Sesudah memiliki pengalaman semenjak th 1990-an, kini AA Gallery bertambah percaya diri untuk mendapat pesanan kerajinan kuningan dari yogyakarta. Berbekal pengalaman puluhan th membuat seni tembaga, AA Gallery semakin mengerti metode untuk menghasilkan seni tembaga yg berkualiti & sesuai yg diharapkan oleh semua customer. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip walaupun untung sedikit yg urgen customer puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar