Rabu, 04 Maret 2020

Perajin Seni Tembaga Melayani Pelanggan Kabupaten Konawe Selatan

Perajin Seni Tembaga Melayani Pelanggan Kabupaten Konawe Selatan . Kampung Tumang, Cepogo-Jawa Tengah posisinya di antara lereng gunung Merapi & Merbabu yg termahsyur . Kampung tersebut dikenal sbg pusat bisnis seni ukir tembaga. Estetika ukir kerajinan berbahan logam tembaga telah menyatu pd orang Tumang, Cepogo-Jawa Tengah. Lebih dari satu keluarga Boyolali membangun kerja di rumah kerajinan kuningan untuk dijual ke berbagai pasar. Ketrampilan mengukir kuningan didapati secara turun-temurun dari orang tuanya. Banyak yg menyampaikan bahwa orang Tumang mengawali kerja kerajinannya dg sekedar membuat alat keperluan rumah tangga misalnya alat menanak nasi, wajan, alat merebus air, & lain-lain tetapi sekarang telah berganti ke kerajinan logam tembaga untuk keperluan dekorasi restoran, rumah, & lain.





Seni ukir tembaga & kuningan di desa Tumang, Cepogo-Jawa Tengah, saat ini, mulai menarik dg meningkatnya jumlah orderan, baik orderan daerah maupun luar negeri. Usaha kerajinan ukir tembaga selalu tumbuh pesat. Banyak orderan berdatangan dari berbagai daerah di Republik Indonesia & luar negeri. Pesanan kerajinan logam semakin signifikan ini karena oleh banyak parameter, contohnya yakni hadirnya teknologi dunia maya. Dg hadirnya teknologi internet maka ingin menolong para industri kerajinan kuningan untuk menawarkan kerajinan kuningannya ke semua daerah & berbagai negara. Teknologi internet cukup menolong para industri kerajinan kuningan. Salah satu industri kerajinan kuningan yg tertolong yakni AA Gallery. Kini AA Gallery bisa menawarkan produk kerajinan kuningan ke makassar. Nggak sekedar tsb saja, AA Gallery juga menawarkan produk kerajinan kuningan ke jakarta timur.



Contoh Seni Logam yakni kerajinan kaligrafi, lampu gantung, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, ornamen masjid, bak mandi, & lain-lain. Pelanggan juga bisa mengorder kerajinan sesuai dg seleranya. Mereka bisa memiliki desain sendiri kemudian AA Gallery yg membuatnya.


Mungkin sahaja tidak sedikit yg menanyakan harga kerajinan logam kuningan tsb. Harga kerajinan cukup beraneka ragam tetapi AA Gallery ingin berupaya menawarkan harga yg kompetitif. Harga kerajinan ditentukan oleh banyak parameter. Contohnya berikut ini ini yakni lebih dari satu parameter yg mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan baku kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( bertambah besar besaran kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya bertambah mahal karena bahan yg dipakai bertambah banyak, demikian sebaliknya bertambah mungil sudah sewajarnya harganya jg murah karena bahan yg dipakai jg sedikit), level kesulitan pembuatan ( bertambah rumit maka bertambah mahal harganya, demikian sebaliknya bertambah gampang, harga juga juga murah), kuantitas ( bertambah banyak orderan sudah sewajarnya juga murah), jika orderan dari daerah lainnya di luar Tumang sudah sewajarnya otomatis ditambah biaya kirim.

Kendala para pebisnis kerajinan logam kuningan tdk sedikit. Stabilitas ekonomi yg tdk stabil bisa mempengaruhi jumlah orderan. Harga bahan juga mempengaruhi harga kerajinan logam kuningan. Disaat harga lempengan kuningan naik maka harga kerajinan logam kuningan juga naik. Problem lain, pebisnis Cepogo-Boyolali masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Akan Tetapi selama customer bisa memperoleh harga yg telah diambil pengrajin tembaga maka pebisnis tembaga bisa eksis walau minim untung. Oleh karena tsb, pebisnis kerajinan tembaga selalu ingin stabilitas ekonomi selalu stabil sehingga tdk mengganggu kerja kerja kerajinan logam kuningan.

Sebagai pebisnis kerajinan logam kuningan wajib kreatif & wajib menyesuaikan selera konsumen. Kini AA Gallery tdk sekedar memperoleh orderan kerajinan logam kuningan yg dibutuhkan untuk keperluan asesoris kantor tapi telah merambah pd pengerjaan kubah masjid. Sehubungan kubah masjid umumnya berukuran besar maka nilai projek kubah masjid juga bernilai besar. Berhubungan dengan design kubah bisa menyesuaikan kemauan customer.

Pada bulan Ferbuari 2018 yg lalu, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yg menarik yakni AA Gallery memperoleh kepercayaan untuk membuat & memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Padang Panjang tsb. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery produksi tdk sekedar satu sahaja akan tetapi banyak.

Islamic Center tsb telah dibuka secara resmi oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center tsb maka selanjutnya menjadi pusat aktivitas & ibadah bagi umat Islam di Padang Panjang. Masjid tsb menjadi kebanggaan bagi warga Sumatera Barat.

Sesudah berpengalaman semenjak tahun 1990-an, sekarang AA Gallery semakin percaya diri untuk memperoleh orderan kerajinan kuningan dari sukabumi. Dengan bekal pengalaman berpuluh tahun tahun menghasilkan seni tembaga, AA Gallery bertambah mengerti teknik untuk membuat seni tembaga yg berkualitas & cocok yg diinginkan oleh seluruh customer. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip meski laba sedikit yg penting customer puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar