Rabu, 04 Maret 2020

Pengusaha Kerajinan Logam Tembaga Melayani Pelanggan Kabupaten Yahukimo

Pengusaha Kerajinan Logam Tembaga Melayani Pelanggan Kabupaten Yahukimo . Perkampungan Tumang, Jateng posisinya diapit kaki gunung Merapi and Merbabu yang banyak dikenal itu. Perkampungan Tumang tersebut diketahui sbg pusat industri kerajinan tembaga. Estetika ukir kerajinan berbahan tembaga telah menyatu pd masyarakat Tumang, Jateng. Beberapa saudara Boyolali mendirikan bisnis rumahan kerajinan tembaga untuk dijual ke banyak pasar. Keahlian mengolah tembaga didapatkan secara turun-temurun dari kakek-neneknya. Tidak sedikit yang menjelaskan bahwa masyarakat Tumang memulai bisnis kerajinannya dgn sekadar memproduksi alat kebutuhan rumah tangga diantaranya alat menanak nasi, wajan, alat merebus air, serta sebagainya akan tetapi masa ini telah bertolak ke kerajinan tembaga untuk keperluan interior restoran, rumah, serta lain.





Seni ukir tembaga serta kuningan di desa Tumang, Jateng, kini, mulai menarik dgn naiknya jumlah orderan, baik orderan daerah ataupun manca negara. Bisnis kerajinan ukir tembaga tetap berkembang tak terkendali. Banyak orderan berdatangan dari banyak daerah di Negara Kita serta luar negeri. Orderan kerajinan tembaga mengalami penambahan signifikan ini dikarenakan oleh banyak parameter, diantaranya ialah munculnya teknologi website. Dgn munculnya teknologi website maka mau menolong para pengrajin kerajinan tembaga untuk mengiklankan kerajinan tembaganya ke seluruh daerah serta manca negara. Teknologi website sangat menolong para pengrajin kerajinan tembaga. Salah satu pengrajin kerajinan tembaga yang tertolong ialah AA Gallery. Saat ini AA Gallery dpt mengiklankan produk kerajinan kuningan ke jakarta. Nggak sekadar itu saja, AA Gallery juga mengiklankan produk kerajinan tembaga ke sorong.



Contoh Seni Tembaga ialah robyong, relief, bowl, lampu dinding, ornamen masjid, air mancur, serta lainnya. Konsumen juga dpt mengorder kerajinan logam tembaga sesuai dgn kemauannya. Mereka dapat mempunyai rancangan sendiri AA Gallery yang membuatnya.


Mungkin banyak yang ingin tahu harga kerajinan kuningan itu. Harga kerajinan logam tembaga sangat beraneka ragam akan tetapi AA Gallery mau berusaha menawarkan harga yang pas. Harga kerajinan logam tembaga ditentukan oleh banyak parameter. Dibawah ini ini ialah beberapa parameter yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( semakin besar besarnya kerajinan tembaga tentunya harganya semakin tinggi dikarenakan bahan yang digunakan semakin banyak, demikian jg sebaliknya semakin mungil tentunya harganya juga murah dikarenakan bahan yang digunakan juga sedikit), level kerumitan pembuatan ( semakin sulit maka semakin tinggi harganya, demikian jg sebaliknya semakin tidak sulit, harga juga semakin murah), kuantitas ( semakin banyak orderan tentunya semakin murah), jika orderan dari daerah lainnya tentunya secara otomatis ditambah ongkir.

Problem para industri kerajinan kuningan tidak sedikit. Stabilitas ekonomi yang tidak stabil dpt memengaruhi jumlah orderan. Harga bahan juga memengaruhi harga kerajinan kuningan. Jika harga lempengan tembaga mahal maka harga kerajinan kuningan jg mahal. Problem lain, industri Jateng masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tetapi selama konsumen dpt mendapat harga yang telah ditentukan pengrajin tembaga maka industri tembaga dpt eksis meski minim untung. Oleh dikarenakan itu, produsen kerajinan tembaga kontinyu ingin kondisi ekonomi kontinyu stabil shngg tidak mengganggu bisnis bisnis kerajinan kuningan.

Sebagai produsen kerajinan kuningan diwajibkan kreatif serta diwajibkan memantau permintaan pasar. Sekarang AA Gallery tidak sekadar mendapat orderan kerajinan kuningan yang dibutuhkan untuk keperluan hiasan rumah tapi telah bertambah pd pembuatan kubah masjid. Mengingat kubah masjid biasanya ukurannya besar maka nilai proyek kubah masjid juga bernilai besar. Berhubungan dengan desain kubah dpt mengikuti keinginan konsumen.

Pd bln Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yang keren ialah AA Gallery mendapat kepercayaan untuk memproduksi serta memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery produksi tidak sekadar satu sahaja akan tetapi banyak.

Islamic Center di Padang Panjang itu telah dibuka secara resmi oleh ketua MPR Indonesia saat itu. Sejak dibukanya Islamic Center di Padang Panjang itu maka kemudian mjd pusat aktivitas serta ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu mjd kebanggaan bagi warga Sumatera Barat.

Setelah berpengalaman sejak thn 1990-an, masa ini AA Gallery semakin percaya diri untuk mendapat orderan kerajinan tembaga dari blitar. Berbekal pengalaman puluhan thn membuat kerajinan tembaga, AA Gallery semakin mengetahui teknik guna memproduksi kerajinan tembaga yang ber-quality serta cocok yang diharapkan oleh seluruh konsumen. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip tidak masalah untung sedikit yang penting konsumen terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar