Rabu, 04 Maret 2020

Bisnis Seni Ukir Logam Kuningan Melayani Prospek Kabupaten Sumenep

Bisnis Seni Ukir Logam Kuningan Melayani Prospek Kabupaten Sumenep . Perkampungan Tumang, Cepogo berada diapit lereng gunung Merapi dan Merbabu yg banyak dikenal . Perkampungan Tumang tsb disebut sebagai pusat pengrajin seni tembaga. Estetika ukir kerajinan berbahan tembaga sudah mendarah daging pada masyarakat Tumang, Cepogo. Lebih dari satu saudara Cepogo-Jawa Tengah mendirikan usaha di rumah kerajinan tembaga untuk ditawarkan ke banyak konsumen. Keahlian menempa tembaga dipunyai secara turun-temurun dari para sesepuhnya. Banyak yg menceritakan bahwa masyarakat Tumang mengawali usaha kerajinannya dg sekadar membuat alat keperluan rumah tangga misalnya dandang, wajan, ceret, dan lain-lain tapi masa ini sudah berubah haluan ke kerajinan tembaga untuk keperluan dekorasi restoran, kantor, dan lainnya.





Seni ukir tembaga dan kuningan di kampung Tumang, Cepogo, sekarang ini, mulai menarik dg naiknya jumlah pesanan, baik pesanan lokal atau luar negeri. Kerja kerajinan ukir tembaga selalu berkembang tak terelakan. Banyak pesanan datang dari banyak wilayah di Republik Indonesia dan luar negeri. Orderan kerajinan logam semakin sangat signifikan ini dikarenakan oleh banyak variabel, contohnya adalah adanya teknologi cyber. Dengan adanya teknologi website maka mau memudahkan para pengrajin kerajinan tembaga untuk mengiklankan produknya ke semua wilayah dan berbagai negara. Teknologi website sangat memudahkan para pengrajin kerajinan tembaga. Salah satu pengrajin kerajinan tembaga yg terbantu adalah AA Gallery. Sekarang AA Gallery dpt mengiklankan produk kerajinan kuningan ke padang. Nggak sekadar itu saja, AA Gallery jg mengiklankan produk kerajinan tembaga ke bima.



Contoh Seni Logam Kuningan adalah robyong, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, kubah masjid, bak mandi, dan lain-lain. Pelanggan jg dpt mengorder kerajinan kuningan sesuai dg kemauannya. Mereka dpt mempunyai design pribadi kemudian AA Gallery yg meujudkannya.


Mungkin saja banyak yg bertanya-tanya harga kerajinan tembaga itu. Harga kerajinan kuningan sangat bervariasi tapi AA Gallery mau berupaya menawarkan harga yg kompetitif. Harga kerajinan kuningan dipengaruhi oleh banyak variabel. Berikut ini ini adalah beberapa variabel yg mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( bertambah besar besaran kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya bertambah tinggi dikarenakan bahan baku yg digunakan jg banyak, demikian sebaliknya bertambah mungil sudah sewajarnya harganya juga murah dikarenakan bahan yg digunakan juga sedikit), level kerumitan produksi ( bertambah sulit maka bertambah tinggi harganya, demikian sebaliknya bertambah tidak sulit, harganya jg menjadi murah), kuantitas ( bertambah banyak pesanan sudah sewajarnya semakin murah), untuk pesanan dari wilayah lain di luar Tumang sudah sewajarnya otomatis dikenai ongkir.

Problem para industri kerajinan tembaga tak sedikit. Kondisi ekonomi yg tak stabil dpt mempengaruhi banyaknya pesanan. Harga bahan baku jg mempengaruhi harga kerajinan tembaga. Jika harga lempengan tembaga mahal maka harga kerajinan tembaga jg mahal. Permasalahan lainnya, industri Cepogo masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walaupun Demikian selama customer dpt menerima harga yg sudah diputuskan pengrajin tembaga maka industri tembaga dpt eksis walaupun demikian minim untung. Oleh dikarenakan itu, ahli kerajinan tembaga terus-menerus menginginkan stabilitas ekonomi terus-menerus stabil sehingga tak mengganggu usaha usaha kerajinan tembaga.

Sebagai ahli kerajinan tembaga diharuskan kreatif dan diharuskan menyesuaikan keinginan prospek. Kini AA Gallery tak sekadar menerima pesanan kerajinan tembaga yg dibutuhkan untuk keperluan hiasan rumah tetapi sudah merambah pada proyek kubah masjid. Mengingat kubah masjid pada umumnya berukuran besar maka nilai projek kubah masjid jg dapat dikatakan besar. Berhubungan dengan desain kubah dpt mengikuti kemauan customer.

Pada bln Ferbuari 2018 yg lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yg membanggakan adalah AA Gallery menerima kepercayaan untuk membuat dan memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery buat tak sekadar satu sahaja tapi cukup banyak.

Islamic Center di Padang Panjang itu sudah dibuka secara resmi oleh ketua MPR Indonesia saat itu. Sejak diresmikannya Islamic Center di Padang Panjang itu maka selanjutnya mjd pusat aktivitas dan ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu mjd kebanggaan bagi masyarakat Sumatera Barat.

Setelah memiliki pengalaman sejak tahun 1990-an, masa ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk menerima pesanan kerajinan tembaga dari balikpapan. Dengan bekal pengalaman berpuluh tahun tahun menghasilkan seni logam, AA Gallery bertambah paham cara guna membuat seni logam yg memiliki kualitas dan cocok yg diinginkan oleh seluruh customer. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip tidak masalah untung sedikit yg penting customer puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar