Rabu, 04 Maret 2020

Pengusaha Kerajinan Tembaga Melayani Konsumen Kabupaten Nias

Pengusaha Kerajinan Tembaga Melayani Konsumen Kabupaten Nias . Kampung Tumang, Cepogo-Jawa Tengah terletak di antara kaki gunung Merapi and Merbabu yg terkenal itu. Kampung Tumang tsb disebut sbg sentra industri seni kuningan. Seni ukir kerajinan berbahan tembaga sudah mendarah daging pd khalayak Tumang, Cepogo-Jawa Tengah. Beberapa family Cepogo-Boyolali mendirikan bisnis rumahan kerajinan kuningan untuk dijual ke bermacam pasar. Skill mengukir kuningan diwarisi secara turun-temurun dari nenek moyangnya. Tidak sedikit yg bercerita bahwa khalayak Tumang mengawali bisnis kerajinannya dgn hanya menghasilkan alat keperluan rumah tangga misalnya dandang, wajan, alat merebus air, dan sebagainya namun kini sudah mengubah haluan ke kerajinan tembaga untuk kebutuhan interior hotel, gedung, dan lain-lain.





Seni ukir tembaga dan kuningan di kampung Tumang, Cepogo-Jawa Tengah, akhir-akhir ini, mulai memberi harapan dgn meningkatnya jumlah orderan, baik orderan daerah atau internasional. Usaha kerajinan ukir kuningan tetap tumbuh pesat. Banyak orderan berdatangan dari bermacam wilayah di Negara Tercinta dan manca negara. Pesanan kerajinan logam tembaga mengalami kenaikan signifikan ini karena oleh banyak variabel, diantaranya yaitu hadirnya teknologi website. Dgn hadirnya teknologi internet maka mau memudahkan para ahli kerajinan kuningan untuk menawarkan produknya ke semua wilayah dan manca negara. Teknologi internet cukup memudahkan para ahli kerajinan kuningan. Salah satu ahli kerajinan kuningan yg tertolong yaitu AA Gallery. Saat ini AA Gallery bisa menawarkan produk kerajinan tembaga ke subulussalam. Tak hanya tsb saja, AA Gallery juga menawarkan produk kerajinan tembaga ke tanjung balai.



Contoh Seni Tembaga yaitu kerajinan kaligrafi, robyong, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, ornamen masjid, bak mandi, dan lain-lain. Konsumen juga bisa memesan kerajinan logam kuningan sesuai dgn seleranya. Mereka dpt punya rancangan sendiri AA Gallery yg meujudkannya.


Mungkin saja banyak yg menanyakan harga kerajinan logam tsb. Harga kerajinan logam kuningan cukup beragam namun AA Gallery mau berusaha memberikan harga yg pas. Harga kerajinan logam kuningan dipengaruhi oleh banyak variabel. Diantaranya sebagai berikut ini yaitu banyak variabel yg menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, size kerajinan tembaga ( bertambah besar size kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya bertambah tinggi karena bahan baku yg dimanfaatkan semakin banyak, demikian jg sebaliknya bertambah mini sudah sewajarnya harganya jg murah karena bahan yg dimanfaatkan jg sedikit), level kesulitan produksi ( bertambah sulit maka bertambah tinggi harganya, demikian jg sebaliknya bertambah gampang, harga juga menjadi murah), kuantitas ( bertambah banyak orderan sudah sewajarnya juga murah), untuk orderan dari wilayah lainnya di luar Tumang sudah sewajarnya secara otomatis ditambah ongkir.

Problem para pengrajin kerajinan logam tidak sedikit. Kondisi ekonomi yg tidak stabil bisa mempengaruhi jumlah orderan. Harga bahan baku juga mempengaruhi harga kerajinan logam. Jikalau harga lempengan kuningan mahal maka harga kerajinan logam juga mahal. Permasalahan lain-lain, pengrajin Jawa Tengah masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walau Demikian selama pelanggan bisa memperoleh harga yg sudah diambil pengrajin tembaga maka pengrajin tembaga bisa eksis walaupun demikian minim untung. Oleh karena tsb, ahli kerajinan tembaga tetap bermimpi stabilitas ekonomi tetap stabil shngg tidak mengganggu bisnis bisnis kerajinan logam.

Sebagai ahli kerajinan logam diwajibkan kreatif dan diwajibkan memantau permintaan pasar. Kini AA Gallery tidak hanya memperoleh orderan kerajinan logam yg dibutuhkan untuk kebutuhan eksterior kantor namun sudah bertambah pd projek kubah masjid. Mengingat kubah masjid pada umumnya berukuran besar maka nilai projek kubah masjid juga dapat dikatakan besar. Mengenai design kubah bisa mengikuti kemauan pelanggan.

Pd bln Ferbuari 2018 yg lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yg menarik yaitu AA Gallery memperoleh kepercayaan untuk menghasilkan dan memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Padang Panjang tsb. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery kerjakan tidak hanya satu saja tapi banyak.

Islamic Center Padang Panjang tsb sudah dibuka secara resmi oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center Padang Panjang tsb maka setelah itu menjadi sentra aktivitas dan ibadah buat umat Islam di Padang Panjang. Masjid tsb menjadi kebanggaan bagi khalayak Sumatera Barat.

Setelah memiliki pengalaman sejak thn 1990-an, kini AA Gallery semakin percaya diri untuk memperoleh orderan kerajinan kuningan dari pekalongan. Dengan modal pengalaman berpuluh tahun thn berkarya seni tembaga, AA Gallery bertambah tahu cara untuk menghasilkan seni tembaga yg bermutu dan cocok yg diinginkan oleh semua pelanggan. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip meskipun laba sedikit yg urgen pelanggan puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar