Rabu, 04 Maret 2020

Pengrajin Seni Ukir Logam Melayani Pasar Kabupaten Sarolangun

Pengrajin Seni Ukir Logam Melayani Pasar Kabupaten Sarolangun . Desa Tumang, Jateng terletak diapit kaki pegunungan Merapi & Merbabu yang terkenal . Desa tersebut diketahui sbg pusat perajin seni ukir kuningan. Seni ukir kerajinan berbahan logam sudah menyatu pada orang Tumang, Jateng. Banyak keluarga Jateng memilih bisnis di rumah kerajinan kuningan untuk dijual ke banyak konsumen. Ketrampilan mengolah kuningan diwarisi secara turun-temurun dari para sesepuhnya. Tidak sedikit yang menceritakan bahwa orang Tumang mengawali bisnis kerajinannya dengan hanya membuat alat keperluan rumah tangga diantaranya alat menanak nasi, panci, teko, juga lain-lain akan tetapi saat ini sudah beralih ke kerajinan logam untuk keperluan dekorasi restoran, rumah, juga lainnya.





Seni ukir tembaga juga kuningan di kampung Tumang, Jateng, akhir-akhir ini, mulai menggeliat dengan meningkatnya pesanan, baik pesanan lokal ataupun manca negara. Usaha kerajinan ukir kuningan terus tumbuh tak terelakan. Banyak pesanan berdatangan dari banyak daerah di Republik Indonesia juga manca negara. Permintaan kerajinan kuningan semakin sangat signifikan ini disebabkan oleh banyak parameter, diantaranya yakni hadirnya teknologi website. Dg hadirnya teknologi website maka mau memudahkan para produsen kerajinan kuningan untuk mengiklankan produknya ke seluruh daerah juga banyak negara. Teknologi website begitu memudahkan para produsen kerajinan kuningan. Salah satu produsen kerajinan kuningan yang tertolong yakni AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery dapat mengiklankan produk kerajinan kuningan ke kupang. Tidak hanya tersebut saja, AA Gallery juga mengiklankan produk kerajinan tembaga ke tangerang selatan.



Contoh Seni Logam Tembaga yakni kerajinan kaligrafi, lampu gantung, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, logo, kubah masjid, air mancur, juga lain-lain. Pelanggan juga dapat memesan kerajinan logam sesuai dengan keinginannya. Mereka dpt memiliki desain pribadi selanjutnya AA Gallery yang memproduksinya.


Mungkin saja banyak yang menanyakan harga kerajinan tembaga tersebut. Harga kerajinan logam begitu beraneka ragam akan tetapi AA Gallery mau berusaha menawarkan harga yang sesuai. Harga kerajinan logam ditentukan oleh banyak parameter. Contohnya berikut ini ini yakni beberapa parameter yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( semakin besar besaran kerajinan tembaga tentu harganya semakin mahal disebabkan bahan baku yang digunakan semakin banyak, demikian juga sebaliknya semakin kecil tentu harganya jg murah disebabkan bahan yang digunakan jg sedikit), level kesulitan produksi ( semakin rumit maka semakin mahal harganya, demikian juga sebaliknya semakin gampang, harga juga menjadi murah), jumlah pembelian ( semakin banyak pesanan tentu semakin murah), untuk pesanan dari daerah lainnya di luar Tumang tentu akan dikenai biaya kirim.

Permasalahan para produsen kerajinan tembaga nggak sedikit. Stabilitas ekonomi yang nggak stabil dapat mempengaruhi banyaknya pesanan. Harga bahan baku juga mempengaruhi harga kerajinan tembaga. Kalau harga lempengan kuningan mahal maka harga kerajinan tembaga akan mahal. Problem lainnya, produsen Tumang masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Akan Tetapi selama konsumen dapat meraih harga yang sudah ditentukan pengrajin tembaga maka produsen tembaga dapat eksis walau minim untung. Oleh disebabkan tersebut, pengrajin kerajinan tembaga selalu menginginkan kondisi ekonomi selalu stabil shngg nggak mengganggu bisnis bisnis kerajinan tembaga.

Sebagai pengrajin kerajinan tembaga diharuskan kreatif juga diharuskan memantau permintaan pasar. Kini AA Gallery nggak hanya meraih pesanan kerajinan tembaga yang dibutuhkan untuk keperluan dekorasi rumah tetapi sudah bertambah pada pengerjaan kubah masjid. Sehubungan kubah masjid umumnya berukuran besar maka nilai projek kubah masjid juga terbilang besar. Berhubungan dengan hiasan kubah dapat menyesuaikan kemauan konsumen.

Pada bulan Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yang menyenangkan yakni AA Gallery meraih kepercayaan untuk membuat juga memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Padang Panjang tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery produksi nggak hanya satu sahaja melainkan banyak.

Islamic Center tersebut sudah dibuka secara resmi oleh ketua MPR Indonesia masa itu. Semenjak dibukanya Islamic Center tersebut maka setelah itu menjadi pusat kegiatan juga ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tersebut menjadi kebanggaan bagi khalayak Padang Panjang.

Sesudah berpengalaman semenjak th 1990-an, saat ini AA Gallery meningkat percaya diri untuk meraih pesanan kerajinan tembaga dari pasuruan. Dengan bekal pengalaman puluhan th membuat seni kuningan, AA Gallery semakin mengetahui teknik untuk membuat seni kuningan yang memiliki kualitas juga cocok yang diinginkan oleh seluruh konsumen. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip meskipun laba sedikit yang urgen konsumen puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar