Rabu, 04 Maret 2020

Perajin Seni Tembaga Melayani Prospek Kabupaten Lampung Utara

Perajin Seni Tembaga Melayani Prospek Kabupaten Lampung Utara . Kampung Tumang, Jateng posisinya diapit lereng pegunungan Merapi and Merbabu yang termahsyur . Kampung Tumang tersebut disebut sebagai sentra ahli seni ukir kuningan. Seni tempa kerajinan berbahan tembaga telah menyatu pada orang Tumang, Jateng. Lebih dari satu family Boyolali-Jawa Tengah mendirikan usaha rumahan kerajinan logam untuk ditawarkan ke bermacam pasar. Keahlian menempa logam dimiliki secara turun-temurun dari para sesepuhnya. Tidak sedikit yang menjelaskan bahwa orang Tumang memulai usaha kerajinannya dengan cuma memproduksi alat kebutuhan rumah tangga misalnya alat menanak nasi, wajan, baskom, juga sebagainya tapi sekarang telah berubah haluan ke kerajinan tembaga untuk kebutuhan asesoris restoran, rumah, juga lain.





Kerajinan ukir tembaga juga kuningan di kampung Tumang, Jateng, baru-baru ini, mulai menggeliat dengan meningkatnya pesanan, baik pesanan lokal maupun luar negeri. Bisnis kerajinan ukir kuningan selalu berkembang tak terkendali. Banyak pesanan datang dari bermacam daerah di Negara Kita juga luar negeri. Orderan kerajinan logam kuningan mengalami penambahan cukup signifikan ini dikarenakan oleh banyak variabel, contohnya ialah adanya teknologi cyber. Dgn adanya teknologi website maka ingin memudahkan para produsen kerajinan logam untuk mempromosikan produknya ke semua daerah juga banyak negara. Teknologi website cukup memudahkan para produsen kerajinan logam. Salah satu produsen kerajinan logam yang terbantu ialah AA Gallery. Sekarang AA Gallery dpt mempromosikan produk kerajinan tembaga ke bogor. Tidak cuma tersebut saja, AA Gallery juga mempromosikan produk kerajinan tembaga ke kediri.



Contoh Kerajinan Logam ialah kerajinan kaligrafi, lampu gantung, relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, logo, ornamen masjid, air mancur, juga lainnya. Konsumen juga dpt memesan kerajinan logam tembaga sesuai dengan keinginannya. Mereka bisa memiliki design sendiri lalu AA Gallery yang membuatnya.


Mgkn sahaja tidak sedikit yang menanyakan harga kerajinan kuningan tersebut. Harga kerajinan logam tembaga cukup bervariasi tapi AA Gallery ingin berusaha memberikan harga yang pas. Harga kerajinan logam tembaga dipengaruhi oleh banyak variabel. Contohnya berikut ini ini ialah banyak variabel yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( bertambah besar besarnya kerajinan tembaga tentunya harganya bertambah tinggi dikarenakan bahan baku yang dipakai bertambah banyak, demikian jg sebaliknya bertambah mini tentunya harganya semakin murah dikarenakan bahan yang dipakai semakin sedikit), level kerumitan pembuatan ( bertambah rumit maka bertambah tinggi harganya, demikian jg sebaliknya bertambah tak sulit, harganya juga juga murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak pesanan tentunya juga murah), jika pesanan dari daerah lain di luar Tumang tentunya otomatis ditambah ongkir.

Permasalahan para industri kerajinan kuningan tidak sedikit. Kondisi ekonomi yang tidak stabil dpt mempengaruhi jumlah pesanan. Harga bahan baku juga mempengaruhi harga kerajinan kuningan. Kalau harga lempengan logam mahal maka harga kerajinan kuningan akan mahal. Permasalahan lain, industri Boyolali masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walau Demikian selama konsumen dpt mendapat harga yang telah ditentukan pengrajin tembaga maka industri tembaga dpt eksis meskipun minim untung. Oleh dikarenakan tersebut, pengusaha kerajinan tembaga tetap menginginkan stabilitas ekonomi tetap stabil jadi tidak mengganggu usaha usaha kerajinan kuningan.

Sebagai pengusaha kerajinan kuningan diwajibkan kreatif juga diwajibkan menyesuaikan selera pasar. Saat ini AA Gallery tidak cuma mendapat pesanan kerajinan kuningan yang dibutuhkan untuk kebutuhan eksterior rumah tapi telah bertambah pada proyek kubah masjid. Mengingat kubah masjid biasanya ukurannya besar maka harga kubah masjid juga dapat dikatakan besar. Mengenai desain kubah dpt menyesuaikan kemauan konsumen.

Pada bulan Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang menyenangkan ialah AA Gallery mendapat kepercayaan untuk memproduksi juga memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Islamic Center tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery kerjakan tidak cuma satu saja tetapi banyak.

Islamic Center Padang Panjang tersebut telah dibuka secara resmi oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Semenjak dibukanya Islamic Center Padang Panjang tersebut maka kemudian menjadi sentra kegiatan juga ibadah buat umat Islam di Padang Panjang. Masjid tersebut menjadi kebanggaan bagi khalayak Padang Panjang.

Sesudah memiliki pengalaman semenjak th 1990-an, sekarang AA Gallery meningkat percaya diri untuk mendapat pesanan kerajinan tembaga dari sabang. Dengan bekal pengalaman puluhan th berkarya kerajinan kuningan, AA Gallery bertambah mengerti cara untuk memproduksi kerajinan kuningan yang bermutu juga cocok yang diharapkan oleh semua konsumen. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip walau laba sedikit yang urgen konsumen puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar