Rabu, 04 Maret 2020

Perajin Kerajinan Logam Kuningan Melayani Prospek Kabupaten Mappi

Perajin Kerajinan Logam Kuningan Melayani Prospek Kabupaten Mappi . Desa Tumang, Cepogo-Jawa Tengah berada diapit lereng pegunungan Merapi & Merbabu yang termahsyur . Desa Tumang tersebut disebut sbg pusat produsen kerajinan kuningan. Seni tempa kerajinan berbahan logam kuningan sudah mendarah daging pada orang Tumang, Cepogo-Jawa Tengah. Beberapa saudara Tumang mendirikan kerja di rumah kerajinan logam buat dipasarkan ke banyak konsumen. Ketrampilan menempa logam didapati secara turun-temurun dari orang tuanya. Banyak yang bercerita bahwa orang Tumang memulai kerja kerajinannya dgn sekadar membuat alat perkakas rumah tangga misalnya alat menanak nasi, panci, ceret, dan sebagainya tapi sekarang sudah beralih ke kerajinan logam kuningan buat kebutuhan ornamen restoran, kantor, dan lainnya.





Seni ukir tembaga dan kuningan di perkampungan Tumang, Cepogo-Jawa Tengah, sekarang ini, mulai bergairah dgn naiknya jumlah pesanan, baik pesanan lokal maupun luar negeri. Kerja kerajinan ukir kuningan tetap tumbuh tak terkendali. Banyak pesanan berdatangan dari banyak wilayah di Negeri Kita dan manca negara. Pesanan kerajinan logam kuningan mengalami penambahan sangat signifikan ini sebab oleh banyak variabel, contohnya ialah adanya teknologi internet. Dgn adanya teknologi website maka akan membantu para ahli kerajinan logam buat menawarkan kerajinan tembaganya ke seluruh wilayah dan berbagai negara. Teknologi website amat membantu para ahli kerajinan logam. Salah satu ahli kerajinan logam yang tertolong ialah AA Gallery. Masa Ini AA Gallery dapat menawarkan produk kerajinan kuningan ke sibolga. Nggak sekadar tsb saja, AA Gallery jg menawarkan produk kerajinan kuningan ke jakarta barat.



Contoh Seni Logam Tembaga ialah kerajinan kaligrafi, lampu gantung, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, logo, kubah masjid, bak mandi, dan lain-lain. Konsumen jg dapat mengorder kerajinan logam sesuai dgn kemauannya. Mereka dapat mempunyai rancangan pribadi setelah itu AA Gallery yang mengerjakannya.


Mgkn saja banyak yang bertanya-tanya harga kerajinan logam kuningan tsb. Harga kerajinan logam amat bervariasi tapi AA Gallery akan berusaha memberikan harga yang pas. Harga kerajinan logam ditentukan oleh banyak variabel. Banyak hal sbb ini ialah banyak variabel yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, size kerajinan tembaga ( bertambah besar size kerajinan tembaga tentu saja harganya bertambah mahal sebab bahan yang dipakai juga banyak, demikian sebaliknya bertambah mini tentu saja harganya semakin murah sebab bahan yang dipakai semakin sedikit), tingkat kerumitan produksi ( bertambah sulit maka bertambah mahal harganya, demikian sebaliknya bertambah mudah, harganya jg juga murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak pesanan tentu saja juga murah), jika pesanan dari wilayah lain di luar Tumang tentu saja akan ditambah biaya kirim.

Problem para perajin kerajinan logam kuningan nggak sedikit. Stabilitas ekonomi yang nggak stabil dapat mempengaruhi banyaknya pesanan. Harga bahan jg mempengaruhi harga kerajinan logam kuningan. Kalau harga lempengan logam naik maka harga kerajinan logam kuningan jg naik. Problem lainnya, perajin Boyolali-Jawa Tengah masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Namun selama pelanggan dapat meraih harga yang sudah ditentukan pengrajin tembaga maka perajin tembaga dapat eksis walau demikian minim untung. Oleh sebab tsb, pengrajin kerajinan tembaga kontinyu ingin stabilitas ekonomi kontinyu stabil jadi nggak mengganggu kerja kerja kerajinan logam kuningan.

Sebagai pengrajin kerajinan logam kuningan diwajibkan kreatif dan diwajibkan memantau permintaan konsumen. Sekarang AA Gallery nggak sekadar meraih pesanan kerajinan logam kuningan yang dibutuhkan buat kebutuhan eksterior rumah namun sudah merambah pada pengerjaan kubah masjid. Mengingat kubah masjid biasanya ukurannya besar maka nilai projek kubah masjid jg terbilang besar. Berkaitan dengan desain kubah dapat menyesuaikan kemauan pelanggan.

Pada bulan Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yang membanggakan ialah AA Gallery meraih kepercayaan buat membuat dan memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Islamic Center tsb. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery kerjakan nggak sekadar satu saja akan tetapi cukup banyak.

Islamic Center Padang Panjang tsb sudah diresmikan oleh ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center Padang Panjang tsb maka selanjutnya mjd pusat aktivitas dan ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid tsb mjd kebanggaan bagi khalayak Padang Panjang.

Setelah berpengalaman semenjak thn 1990-an, sekarang AA Gallery bertambah percaya diri untuk meraih pesanan kerajinan kuningan dari jayapura. Berbekal pengalaman puluhan thn memproduksi kerajinan logam, AA Gallery bertambah mengetahui metode guna membuat kerajinan logam yang memiliki kualitas dan cocok yang diinginkan oleh seluruh pelanggan. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip meski laba sedikit yang penting pelanggan terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar