Rabu, 04 Maret 2020

Industri Seni Logam Melayani Prospek Kabupaten Bengkulu Selatan

Industri Seni Logam Melayani Prospek Kabupaten Bengkulu Selatan . Desa Tumang, Boyolali lokasinya diapit kaki gunung Merapi dan Merbabu yang termahsyur itu. Desa tersebut disebut sebagai sentra ahli kerajinan kuningan. Keindahan tempa kerajinan berbahan tembaga telah mendarah daging pd publik Tumang, Boyolali. Banyak keluarga Cepogo-Jawa Tengah mendirikan usaha rumahan kerajinan logam untuk ditawarkan ke berbagai konsumen. Keahlian mengukir logam dipunyai secara turun-temurun dari orang tuanya. Tidak sedikit yang menyampaikan bahwa publik Tumang mengawali usaha kerajinannya dengan cuma menghasilkan alat perkakas rumah tangga contohnya alat menanak nasi, wajan, teko, dan sebagainya walaupun demikian kini telah beralih ke kerajinan tembaga untuk kebutuhan ornamen cafe, rumah, dan lainnya.





Kerajinan ukir tembaga dan kuningan di perkampungan Tumang, Boyolali, baru-baru ini, mulai bergairah dengan naiknya permintaan, baik permintaan lokal maupun luar negeri. Bisnis kerajinan ukir kuningan semakin berkembang pesat. Banyak permintaan datang dari berbagai wilayah di Indonesia dan manca negara. Permintaan kerajinan tembaga bertambah begitu signifikan ini karena oleh banyak parameter, diantaranya ialah hadirnya teknologi internet. Dengan hadirnya teknologi website maka ingin membantu para pengrajin kerajinan logam untuk mempromosikan kerajinan tembaganya ke semua wilayah dan manca negara. Teknologi website begitu membantu para pengrajin kerajinan logam. Salah satu pengrajin kerajinan logam yang terbantu ialah AA Gallery. Kini AA Gallery dpt mempromosikan produk kerajinan tembaga ke ternate. Tdk cuma tsb saja, AA Gallery juga mempromosikan produk kerajinan tembaga ke bekasi.



Contoh Kerajinan Kuningan ialah lampu gantung, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, logo, ornamen masjid, bak mandi, dan lain-lain. Konsumen juga dpt mengorder kerajinan logam kuningan sesuai dengan keinginannya. Mereka dapat memiliki design sendiri lalu AA Gallery yang mengerjakannya.


Mgkn sahaja tidak sedikit yang menanyakan harga kerajinan logam tembaga tsb. Harga kerajinan logam kuningan begitu bermacam-macam walaupun demikian AA Gallery ingin berusaha menawarkan harga yang menarik. Harga kerajinan logam kuningan dipengaruhi oleh banyak parameter. Banyak hal sbb ini ialah banyak parameter yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( semakin besar ukuran kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya semakin mahal karena bahan baku yang digunakan semakin banyak, demikian jg sebaliknya semakin kecil sudah sewajarnya harganya jg murah karena bahan yang digunakan jg sedikit), tingkat kerumitan pembuatan ( semakin sulit maka semakin mahal harganya, demikian jg sebaliknya semakin tak sulit, harganya juga menjadi murah), kuantitas ( semakin banyak permintaan sudah sewajarnya semakin murah), untuk permintaan dari wilayah lainnya di luar Tumang sudah sewajarnya secara otomatis ditambah ongkir.

Problem para industri kerajinan logam tembaga tak sedikit. Stabilitas ekonomi yang tak stabil dpt memengaruhi jumlah permintaan. Harga bahan baku juga memengaruhi harga kerajinan logam tembaga. Jika harga lempengan logam mahal maka harga kerajinan logam tembaga akan mahal. Problem lainnya, industri Boyolali-Jawa Tengah masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tetapi selama konsumen dpt mendapat harga yang telah diambil pengrajin tembaga maka industri tembaga dpt eksis meski minim untung. Oleh karena tsb, ahli kerajinan tembaga terus-menerus berharap stabilitas ekonomi terus-menerus stabil jadi tak mengganggu usaha usaha kerajinan logam tembaga.

Sebagai ahli kerajinan logam tembaga harus kreatif dan harus menyesuaikan permintaan prospek. Masa ini AA Gallery tak cuma mendapat permintaan kerajinan logam tembaga yang dibutuhkan untuk kebutuhan interior kantor tapi telah merambah pd proyek kubah masjid. Berhubung kubah masjid pada umumnya ukurannya besar maka harga kubah masjid juga dapat dikatakan besar. Mengenai hiasan kubah dpt menyesuaikan kemauan konsumen.

Pada bulan Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang menyenangkan ialah AA Gallery mendapat kepercayaan untuk menghasilkan dan memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Islamic Center tsb. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery kerjakan tak cuma satu sahaja akan tetapi begitu banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tsb telah dibuka oleh Bp. Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Semenjak dibukanya Islamic Center di Padang Panjang tsb maka selanjutnya mjd sentra aktivitas dan ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tsb mjd kebanggaan bagi warga Sumatera Barat.

Sesudah memiliki pengalaman semenjak tahun 1990-an, kini AA Gallery bertambah percaya diri untuk mendapat permintaan kerajinan tembaga dari ambon. Bermodalkan pengalaman berpuluh tahun tahun menghasilkan kerajinan kuningan, AA Gallery semakin mengetahui metode guna menghasilkan kerajinan kuningan yang bermutu dan cocok yang diharapkan oleh seluruh konsumen. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip tidak mengapa untung sedikit yang penting konsumen puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar