Rabu, 04 Maret 2020

Perajin Seni Ukir Tembaga Melayani Pelanggan Kabupaten Solok

Perajin Seni Ukir Tembaga Melayani Pelanggan Kabupaten Solok . Desa Tumang, Boyolali-Jateng lokasinya di antara lereng gunung Merapi dan Merbabu yang termahsyur itu. Desa tsb dikenal sbg pusat ahli seni kuningan. Estetika ukir kerajinan berbahan logam tembaga sudah menyatu pada publik Tumang, Boyolali-Jateng. Lebih dari satu family Tumang membangun bisnis di rumah kerajinan logam untuk dijual ke banyak pasar. Ketrampilan mengukir logam dipunyai secara turun-temurun dari para pendahulunya. Tidak sedikit yang menyampaikan bahwa publik Tumang memulai bisnis kerajinannya dengan sekedar membuat alat kebutuhan rumah tangga diantaranya alat menanak nasi, wajan, ceret, juga lain-lain walau demikian saat ini sudah beralih ke kerajinan logam tembaga untuk keperluan dekorasi masjid, rumah, juga lainnya.





Kerajinan ukir tembaga juga kuningan di kampung Tumang, Boyolali-Jateng, sekarang ini, mulai menarik dengan naiknya jumlah pesanan, baik pesanan daerah maupun internasional. Kerja kerajinan ukir kuningan terus tumbuh tak terkendali. Banyak pesanan berdatangan dari banyak daerah di Negeri Kita juga luar negeri. Pesanan kerajinan tembaga bertambah begitu signifikan ini dikarenakan oleh banyak variabel, contohnya adalah hadirnya teknologi dunia maya. Dengan hadirnya teknologi internet maka ingin menolong para pengrajin kerajinan logam untuk mengenalkan kerajinan kuningannya ke seluruh daerah juga manca negara. Teknologi internet cukup menolong para pengrajin kerajinan logam. Salah satu pengrajin kerajinan logam yang tertolong adalah AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery dapat mengenalkan produk kerajinan tembaga ke dumai. Tidak sekedar itu saja, AA Gallery juga mengenalkan produk kerajinan tembaga ke pasuruan.



Contoh Kerajinan Logam Tembaga adalah kerajinan kaligrafi, robyong, relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, logo, kubah masjid, air mancur, juga lainnya. Pelanggan juga dapat mengorder kerajinan logam sesuai dengan kemauannya. Mereka bisa memiliki design sendiri selanjutnya AA Gallery yang mengerjakannya.


Mgkn saja banyak yang bertanya-tanya harga kerajinan logam kuningan itu. Harga kerajinan logam cukup bervariasi walau demikian AA Gallery ingin berupaya memberikan harga yang pas. Harga kerajinan logam ditentukan oleh banyak variabel. Banyak hal sbb ini adalah banyak variabel yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, size kerajinan tembaga ( bertambah besar size kerajinan tembaga semestinya harganya bertambah mahal dikarenakan bahan baku yang dimanfaatkan jg banyak, demikian juga sebaliknya bertambah mungil semestinya harganya jg murah dikarenakan bahan yang dimanfaatkan jg sedikit), level kesulitan produksi ( bertambah sulit maka bertambah mahal harganya, demikian juga sebaliknya bertambah tidak sulit, harga juga juga murah), kuantitas ( bertambah banyak pesanan semestinya semakin murah), untuk pesanan dari daerah lainnya di luar Tumang semestinya mau-tidak mau dikenai biaya kirim.

Problem para pengusaha kerajinan logam kuningan tidak sedikit. Kondisi ekonomi yang tidak stabil dapat mempengaruhi jumlah pesanan. Harga bahan baku juga mempengaruhi harga kerajinan logam kuningan. Jikalau harga lempengan logam naik maka harga kerajinan logam kuningan juga naik. Permasalahan lainnya, pengusaha Tumang masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walaupun Demikian selama customer dapat mendapatkan harga yang sudah ditentukan pengrajin tembaga maka pengusaha tembaga dapat eksis walaupun demikian minim untung. Oleh dikarenakan itu, perajin kerajinan tembaga kontinyu ingin stabilitas ekonomi kontinyu stabil shngg tidak mengganggu bisnis bisnis kerajinan logam kuningan.

Sebagai perajin kerajinan logam kuningan diwajibkan kreatif juga diwajibkan memantau permintaan konsumen. Kini AA Gallery tidak sekedar mendapatkan pesanan kerajinan logam kuningan yang dibutuhkan untuk keperluan eksterior rumah tapi sudah merambah pada pembuatan kubah masjid. Berhubung kubah masjid biasanya ukurannya besar maka harga kubah masjid juga terbilang besar. Berhubungan dengan desain kubah dapat mengikuti kemauan customer.

Pada bln Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yang membanggakan adalah AA Gallery mendapatkan kepercayaan untuk membuat juga memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Islamic Center itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery produksi tidak sekedar satu sahaja tapi banyak.

Islamic Center di Padang Panjang itu sudah dibuka secara resmi oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Sejak diresmikannya Islamic Center di Padang Panjang itu maka selanjutnya mjd pusat aktivitas juga ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid itu mjd kebanggaan bagi khalayak Sumatera Barat.

Setelah memiliki pengalaman semenjak th 1990-an, saat ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk mendapatkan pesanan kerajinan kuningan dari bontang. Bermodalkan pengalaman berpuluh tahun th berkarya seni kuningan, AA Gallery bertambah tahu cara guna membuat seni kuningan yang berkualitas juga cocok yang diharapkan oleh semua customer. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip meskipun laba sedikit yang urgen customer puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar