Rabu, 04 Maret 2020

Industri Seni Ukir Logam Melayani Konsumen Kabupaten Barito Utara

Industri Seni Ukir Logam Melayani Konsumen Kabupaten Barito Utara . Perkampungan Tumang, Cepogo posisinya diapit kaki pegunungan Merapi dan Merbabu yg banyak dikenal . Perkampungan Tumang tersebut dikenal sbg sentra industri seni ukir tembaga. Estetika ukir kerajinan berbahan tembaga telah mendarah daging pada publik Tumang, Cepogo. Beberapa saudara Jateng mendirikan usaha di rumah kerajinan kuningan buat dijual ke berbagai konsumen. Keahlian mengukir kuningan didapati secara turun-temurun dari sesepuhnya. Tidak sedikit yg bercerita bahwa publik Tumang memulai usaha kerajinannya dg sekadar membuat alat perkakas rumah tangga seperti dandang, panci, teko, dan lainnya akan tetapi saat ini telah berubah haluan ke kerajinan tembaga buat keperluan eksterior hotel, gedung, dan lain-lain.





Seni ukir tembaga dan kuningan di desa Tumang, Cepogo, akhir-akhir ini, mulai menarik dg meningkatnya jumlah permintaan, baik permintaan daerah atau internasional. Kerja kerajinan ukir tembaga selalu berkembang cepat. Banyak permintaan berdatangan dari berbagai daerah di Negeri Kita dan luar negeri. Orderan kerajinan tembaga bertambah signifikan ini sebab oleh banyak parameter, diantaranya merupakan munculnya teknologi internet. Dgn munculnya teknologi website maka akan menolong para produsen kerajinan kuningan buat mempromosikan kerajinan kuningannya ke semua daerah dan banyak negara. Teknologi website sangat menolong para produsen kerajinan kuningan. Salah satu produsen kerajinan kuningan yg terbantu merupakan AA Gallery. Masa Ini AA Gallery bisa mempromosikan produk kerajinan kuningan ke yogyakarta. Nggak sekadar itu saja, AA Gallery jg mempromosikan produk kerajinan tembaga ke yogyakarta.



Contoh Seni Tembaga merupakan kerajinan kaligrafi, robyong, relief, bowl, lampu dinding, logo, kubah masjid, bak mandi, dan lain-lain. Pelanggan jg bisa mengorder kerajinan logam tembaga sesuai dg keinginannya. Mereka dapat memiliki desain sendiri AA Gallery yg membuatnya.


Mgkn tidak sedikit yg ingin tahu harga kerajinan kuningan itu. Harga kerajinan logam tembaga sangat bermacam-macam akan tetapi AA Gallery akan berupaya menawarkan harga yg pas. Harga kerajinan logam tembaga dipengaruhi oleh banyak parameter. Banyak hal sbb ini merupakan lebih dari satu parameter yg mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan baku kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( semakin besar ukuran kerajinan tembaga semestinya harganya semakin mahal sebab bahan baku yg digunakan semakin banyak, demikian jg sebaliknya semakin kecil semestinya harganya jg murah sebab bahan yg digunakan jg sedikit), level kerumitan produksi ( semakin rumit maka semakin mahal harganya, demikian jg sebaliknya semakin tidak sulit, harga jg semakin murah), kuantitas ( semakin banyak permintaan semestinya semakin murah), untuk permintaan dari daerah lainnya semestinya otomatis dikenai biaya kirim.

Permasalahan para perajin kerajinan kuningan tidak sedikit. Stabilitas ekonomi yg tidak stabil bisa memengaruhi banyaknya permintaan. Harga bahan baku jg memengaruhi harga kerajinan kuningan. Jika harga lempengan kuningan mahal maka harga kerajinan kuningan akan mahal. Problem lain-lain, perajin Cepogo masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tapi selama pelanggan bisa memperoleh harga yg telah diputuskan pengrajin tembaga maka perajin tembaga bisa eksis walaupun minim untung. Oleh sebab itu, pengrajin kerajinan tembaga selalu berharap kondisi ekonomi selalu stabil sehingga tidak mengganggu usaha usaha kerajinan kuningan.

Sebagai pengrajin kerajinan kuningan diharuskan kreatif dan diharuskan menyesuaikan keinginan masyarakat. Masa ini AA Gallery tidak sekadar memperoleh permintaan kerajinan kuningan yg dibutuhkan buat keperluan interior rumah tetapi telah bertambah pada projek kubah masjid. Mengingat kubah masjid biasanya berukuran besar maka harga kubah masjid jg bernilai besar. Berkaitan dengan ukiran kubah bisa mengikuti keinginan pelanggan.

Pada Ferbuari 2018 yg lampau, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yg menyenangkan merupakan AA Gallery memperoleh kepercayaan buat membuat dan memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery buat tidak sekadar satu saja tetapi banyak.

Islamic Center di Padang Panjang itu telah diresmikan oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Sejak dibukanya Islamic Center di Padang Panjang itu maka kemudian menjadi sentra kegiatan dan ibadah bagi umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu menjadi kebanggaan bagi warga Indonesia.

Setelah berpengalaman sejak thn 1990-an, saat ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk memperoleh permintaan kerajinan tembaga dari palopo. Dengan bekal pengalaman puluhan thn berkarya kerajinan logam, AA Gallery semakin mengetahui cara untuk membuat kerajinan logam yg bermutu dan sesuai yg diharapkan oleh seluruh pelanggan. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip walau untung sedikit yg penting pelanggan puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar