Rabu, 04 Maret 2020

Pengrajin Kerajinan Logam Melayani Prospek Kabupaten Balangan

Pengrajin Kerajinan Logam Melayani Prospek Kabupaten Balangan . Kampung Tumang, Cepogo berada di antara kaki pegunungan Merapi dan Merbabu yg termahsyur . Kampung tersebut disebut sebagai pusat produsen seni ukir kuningan. Seni tempa kerajinan berbahan kuningan telah mendarah daging pd khalayak Tumang, Cepogo. Lebih dari satu keluarga Boyolali mendirikan usaha di rumah kerajinan tembaga untuk dijual ke beragam pasar. Ketrampilan menempa tembaga didapatkan secara turun-temurun dari sesepuhnya. Tidak sedikit yg menyampaikan bahwa khalayak Tumang memulai usaha kerajinannya dgn sekedar membuat alat kebutuhan rumah tangga diantaranya dandang, wajan, alat merebus air, dan lainnya walau demikian sekarang ini telah beralih ke kerajinan kuningan untuk keperluan dekorasi masjid, rumah, dan lain-lain.





Seni ukir tembaga dan kuningan di kampung Tumang, Cepogo, sekarang, mulai bergairah dgn naiknya jumlah pesanan, baik pesanan daerah dan juga internasional. Bisnis kerajinan ukir kuningan tetap berkembang tak terkendali. Banyak pesanan berdatangan dari beragam daerah di Republik Indonesia dan luar negeri. Permintaan kerajinan logam bertambah cukup signifikan ini disebabkan oleh banyak parameter, diantaranya adalah adanya teknologi cyber. Dg adanya teknologi website maka mau memudahkan para pengrajin kerajinan tembaga untuk mengiklankan produknya ke seluruh daerah dan banyak negara. Teknologi website sangat memudahkan para pengrajin kerajinan tembaga. Salah satu pengrajin kerajinan tembaga yg tertolong adalah AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery dpt mengiklankan produk kerajinan tembaga ke sawahlunto. Tidak sekedar itu saja, AA Gallery juga mengiklankan produk kerajinan tembaga ke ambon.



Contoh Seni Logam Tembaga adalah lampu gantung, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, ornamen masjid, air mancur, dan lainnya. Konsumen juga dpt mengorder kerajinan tembaga sesuai dgn kemauannya. Mereka dapat punya design sendiri selanjutnya AA Gallery yg membuatnya.


Mungkin saja tidak sedikit yg ingin tahu harga kerajinan logam tembaga itu. Harga kerajinan tembaga sangat beraneka ragam walau demikian AA Gallery mau berupaya menawarkan harga yg menarik. Harga kerajinan tembaga dipengaruhi oleh banyak parameter. Contohnya berikut ini ini adalah beberapa parameter yg menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, size kerajinan tembaga ( bertambah besar size kerajinan tembaga tentu harganya bertambah tinggi disebabkan bahan yg dipakai jg banyak, demikian sebaliknya bertambah mungil tentu harganya jg murah disebabkan bahan yg dipakai jg sedikit), level kerumitan pembuatan ( bertambah rumit maka bertambah tinggi harganya, demikian sebaliknya bertambah mudah, harganya juga juga murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak pesanan tentu semakin murah), untuk pesanan dari daerah lainnya di luar Tumang tentu mau-tidak mau dikenai biaya kirim.

Problem para produsen kerajinan logam tembaga tak sedikit. Stabilitas ekonomi yg tak stabil dpt memengaruhi jumlah pesanan. Harga bahan juga memengaruhi harga kerajinan logam tembaga. Ketika harga lempengan tembaga mahal maka harga kerajinan logam tembaga juga mahal. Permasalahan lain-lain, produsen Jateng masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tetapi selama customer dpt menerima harga yg telah diputuskan pengrajin tembaga maka produsen tembaga dpt eksis walaupun minim untung. Oleh disebabkan itu, perajin kerajinan tembaga terus-menerus menginginkan stabilitas ekonomi terus-menerus stabil sehingga tak mengganggu usaha usaha kerajinan logam tembaga.

Sebagai perajin kerajinan logam tembaga diwajibkan inovatif dan diwajibkan menyesuaikan selera masyarakat. Masa ini AA Gallery tak sekedar menerima pesanan kerajinan logam tembaga yg dibutuhkan untuk keperluan hiasan kantor tetapi telah merambah pd pembuatan kubah masjid. Mengingat kubah masjid umumnya ukurannya besar maka nilai proyek kubah masjid juga dapat dikatakan besar. Berkaitan dengan design kubah dpt menyesuaikan keinginan customer.

Pada bln Ferbuari 2018 yg lampau, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yg keren adalah AA Gallery menerima kepercayaan untuk membuat dan memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Islamic Center itu. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery produksi tak sekedar satu sahaja akan tetapi banyak.

Islamic Center di Padang Panjang itu telah dibuka secara resmi oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Semenjak dibukanya Islamic Center di Padang Panjang itu maka kemudian menjadi pusat aktivitas dan ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu menjadi kebanggaan bagi khalayak Indonesia.

Sesudah memiliki pengalaman semenjak thn 1990-an, sekarang ini AA Gallery semakin percaya diri untuk menerima pesanan kerajinan kuningan dari tarakan. Berbekal pengalaman berpuluh tahun thn berkarya seni tembaga, AA Gallery bertambah paham cara untuk membuat seni tembaga yg berkualiti dan cocok yg diinginkan oleh seluruh customer. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip tidak mengapa laba sedikit yg penting customer terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar