Rabu, 04 Maret 2020

Ahli Seni Kuningan Melayani Pelanggan Kabupaten Trenggalek

Ahli Seni Kuningan Melayani Pelanggan Kabupaten Trenggalek . Kampung Tumang, Jateng terletak di antara kaki pegunungan Merapi & Merbabu yang termahsyur itu. Kampung Tumang tsb diketahui sebagai pusat pengusaha seni ukir kuningan. Estetika tempa kerajinan berbahan kuningan telah mendarah daging pd publik Tumang, Jateng. Banyak family Jateng memilih bisnis di rumah kerajinan kuningan buat dipasarkan ke bermacam pasar. Keahlian menempa kuningan diwarisi secara turun-temurun dari kakek-neneknya. Tidak sedikit yang menyampaikan bahwa publik Tumang mengawali bisnis kerajinannya dgn cuma menghasilkan alat keperluan rumah tangga misalnya dandang, panci, ceret, juga lain-lain akan tetapi kini telah berubah haluan ke kerajinan kuningan buat kebutuhan interior masjid, rumah, juga lainnya.





Kerajinan ukir tembaga juga kuningan di perkampungan Tumang, Jateng, sekarang, mulai menarik dgn meningkatnya jumlah pesanan, baik pesanan daerah atau manca negara. Usaha kerajinan ukir kuningan selalu tumbuh cepat. Banyak pesanan datang dari bermacam wilayah di NKRI juga manca negara. Pesanan kerajinan tembaga semakin begitu signifikan ini dikarenakan oleh banyak variabel, diantaranya ialah hadirnya teknologi website. Dg hadirnya teknologi internet maka mau menolong para perajin kerajinan kuningan buat mempromosikan produknya ke semua wilayah juga banyak negara. Teknologi internet begitu menolong para perajin kerajinan kuningan. Salah satu perajin kerajinan kuningan yang tertolong ialah AA Gallery. Kini AA Gallery dapat mempromosikan produk kerajinan tembaga ke tanjung balai. Tdk cuma tsb saja, AA Gallery jg mempromosikan produk kerajinan tembaga ke ternate.



Contoh Kerajinan Logam Tembaga ialah robyong, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, kubah masjid, bak mandi, juga lain-lain. Pelanggan jg dapat memesan kerajinan logam tembaga sesuai dgn kemauannya. Mereka dapat mempunyai desain pribadi AA Gallery yang mengerjakannya.


Mgkn saja tidak sedikit yang ingin tahu harga kerajinan logam tembaga tsb. Harga kerajinan logam tembaga begitu bermacam-macam akan tetapi AA Gallery mau berupaya memberikan harga yang menarik. Harga kerajinan logam tembaga ditentukan oleh banyak variabel. Contohnya berikut ini ini ialah banyak variabel yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( bertambah besar ukuran kerajinan tembaga tentu saja harganya bertambah mahal dikarenakan bahan yang dipakai bertambah banyak, demikian sebaliknya bertambah mungil tentu saja harganya jg murah dikarenakan bahan yang dipakai jg sedikit), level kesulitan pembuatan ( bertambah rumit maka bertambah mahal harganya, demikian sebaliknya bertambah gampang, harganya jg menjadi murah), kuantitas ( bertambah banyak pesanan tentu saja juga murah), jika pesanan dari wilayah lainnya di luar Tumang tentu saja mau-tidak mau ditambah ongkir.

Problem para produsen kerajinan logam tembaga tak sedikit. Stabilitas ekonomi yang tak stabil dapat mempengaruhi jumlah pesanan. Harga bahan jg mempengaruhi harga kerajinan logam tembaga. Jika harga lempengan kuningan mahal maka harga kerajinan logam tembaga akan mahal. Problem lainnya, produsen Cepogo-Boyolali masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walaupun Demikian selama customer dapat menerima harga yang telah diputuskan pengrajin tembaga maka produsen tembaga dapat eksis meski minim untung. Oleh dikarenakan tsb, pengusaha kerajinan tembaga tetap berharap kondisi ekonomi tetap stabil sehingga tak mengganggu bisnis bisnis kerajinan logam tembaga.

Sebagai pengusaha kerajinan logam tembaga diwajibkan kreatif juga diwajibkan memantau permintaan konsumen. Saat ini AA Gallery tak cuma menerima pesanan kerajinan logam tembaga yang dibutuhkan buat kebutuhan dekorasi rumah namun telah merambah pd pembuatan kubah masjid. Sehubungan kubah masjid biasanya ukurannya besar maka harga kubah masjid jg dapat dikatakan besar. Mengenai design kubah dapat menyesuaikan keinginan customer.

Pd Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang keren ialah AA Gallery menerima kepercayaan buat menghasilkan juga memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Padang Panjang tsb. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery kerjakan tak cuma satu sahaja tapi banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tsb telah dibuka secara resmi oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Semenjak dibukanya Islamic Center di Padang Panjang tsb maka kemudian menjadi pusat kegiatan juga ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid tsb menjadi kebanggaan bagi masyarakat Indonesia.

Sesudah berpengalaman sejak thn 1990-an, kini AA Gallery meningkat percaya diri untuk menerima pesanan kerajinan kuningan dari sungaipenuh. Berbekal pengalaman puluhan thn memproduksi kerajinan logam, AA Gallery bertambah mengerti cara guna menghasilkan kerajinan logam yang bermutu juga sesuai yang diharapkan oleh semua customer. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip meskipun laba sedikit yang urgen customer puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar