Rabu, 04 Maret 2020

Industri Seni Ukir Logam Kuningan Melayani Pasar Kabupaten Muna Barat

Industri Seni Ukir Logam Kuningan Melayani Pasar Kabupaten Muna Barat . Desa Tumang, Jateng posisinya diapit kaki pegunungan Merapi and Merbabu yg termahsyur itu. Desa Tumang tersebut disebut sbg sentra perajin seni tembaga. Seni tempa kerajinan berbahan logam telah mendarah daging pada orang Tumang, Jateng. Lebih dari satu saudara Boyolali mendirikan bisnis rumahan kerajinan tembaga untuk ditawarkan ke bermacam konsumen. Keahlian mengukir tembaga dipunyai secara turun-temurun dari para sesepuhnya. Tidak sedikit yg menjelaskan bahwa orang Tumang mengawali bisnis kerajinannya dgn hanya menghasilkan alat perkakas rumah tangga diantaranya dandang, panci, alat merebus air, dan lain-lain tetapi sekarang ini telah berganti ke kerajinan logam untuk kebutuhan interior restoran, rumah, dan lainnya.





Kerajinan ukir tembaga dan kuningan di perkampungan Tumang, Jateng, saat ini, mulai menarik dgn meningkatnya pesanan, baik pesanan daerah maupun luar negeri. Bisnis kerajinan ukir tembaga tetap berkembang tak terelakan. Banyak pesanan datang dari bermacam wilayah di Negara Kita dan luar negeri. Pesanan kerajinan logam tembaga semakin sangat signifikan ini dikarenakan oleh banyak variabel, diantaranya merupakan hadirnya teknologi dunia maya. Dg hadirnya teknologi website maka akan membantu para industri kerajinan tembaga untuk mengenalkan kerajinan tembaganya ke seluruh wilayah dan manca negara. Teknologi website amat membantu para industri kerajinan tembaga. Salah satu industri kerajinan tembaga yg tertolong merupakan AA Gallery. Masa Ini AA Gallery bisa mengenalkan produk kerajinan kuningan ke langsa. Tidak hanya tsb saja, AA Gallery juga mengenalkan produk kerajinan tembaga ke malang.



Contoh Kerajinan Tembaga merupakan robyong, relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, logo, kubah masjid, air mancur, dan lain-lain. Pembeli juga bisa memesan kerajinan tembaga sesuai dgn seleranya. Mereka dapat memiliki design sendiri selanjutnya AA Gallery yg meujudkannya.


Mgkn saja tidak sedikit yg bertanya-tanya harga kerajinan logam tsb. Harga kerajinan tembaga amat beraneka ragam tetapi AA Gallery akan berupaya memberikan harga yg menarik. Harga kerajinan tembaga disebabkan oleh banyak variabel. Diantaranya sebagai berikut ini merupakan lebih dari satu variabel yg memengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan baku kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( semakin besar besarnya kerajinan tembaga semestinya harganya semakin mahal dikarenakan bahan baku yg dipakai jg banyak, demikian jg sebaliknya semakin mungil semestinya harganya juga murah dikarenakan bahan yg dipakai juga sedikit), level kerumitan produksi ( semakin rumit maka semakin mahal harganya, demikian jg sebaliknya semakin mudah, harga juga juga murah), kuantitas ( semakin banyak pesanan semestinya juga murah), jika pesanan dari wilayah lainnya semestinya auto dikenai ongkir.

Problem para pengusaha kerajinan logam tdk sedikit. Kondisi ekonomi yg tdk stabil bisa mempengaruhi banyaknya pesanan. Harga bahan baku juga mempengaruhi harga kerajinan logam. Jika harga lempengan tembaga mahal maka harga kerajinan logam juga mahal. Problem lainnya, pengusaha Jateng masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tapi selama customer bisa meraih harga yg telah diputuskan pengrajin tembaga maka pengusaha tembaga bisa eksis walaupun demikian minim untung. Oleh dikarenakan tsb, pengrajin kerajinan tembaga kontinyu berdoa stabilitas ekonomi kontinyu stabil sehingga tdk mengganggu bisnis bisnis kerajinan logam.

Sebagai pengrajin kerajinan logam diharuskan kreatif dan diharuskan menyesuaikan keinginan pasar. Sekarang ini AA Gallery tdk hanya meraih pesanan kerajinan logam yg dibutuhkan untuk kebutuhan dekorasi kantor tetapi telah merambah pada pembuatan kubah masjid. Sehubungan kubah masjid biasanya ukurannya besar maka harga kubah masjid juga bernilai besar. Mengenai hiasan kubah bisa mengikuti keinginan customer.

Pada bulan Ferbuari 2018 yg lampau, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yg menyenangkan merupakan AA Gallery meraih kepercayaan untuk menghasilkan dan memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Padang Panjang tsb. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery produksi tdk hanya satu sahaja melainkan banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tsb telah dibuka secara resmi oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Semenjak dibukanya Islamic Center di Padang Panjang tsb maka kemudian mjd sentra kegiatan dan ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tsb mjd kebanggaan bagi warga Indonesia.

Sesudah memiliki pengalaman sejak th 1990-an, sekarang ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk meraih pesanan kerajinan kuningan dari pangkal pinang. Dengan bekal pengalaman berpuluh tahun th memproduksi kerajinan tembaga, AA Gallery semakin mengerti metode guna menghasilkan kerajinan tembaga yg berkelas dan cocok yg diharapkan oleh seluruh customer. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip meski laba sedikit yg penting customer terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar