Rabu, 04 Maret 2020

Pengusaha Seni Ukir Logam Melayani Konsumen Kota Bengkulu

Pengusaha Seni Ukir Logam Melayani Konsumen Kota Bengkulu . Desa Tumang, Jawa Tengah berada di antara lereng gunung Merapi & Merbabu yg banyak dikenal . Desa tersebut disebut sebagai sentra pengusaha seni tembaga. Seni ukir kerajinan berbahan tembaga telah mendarah daging pada orang Tumang, Jawa Tengah. Beberapa saudara Boyolali-Jateng memilih usaha di rumah kerajinan tembaga untuk ditawarkan ke beragam pasar. Keahlian mengukir tembaga dipunyai secara turun-temurun dari pendahulunya. Tidak sedikit yg menyampaikan bahwa orang Tumang memulai usaha kerajinannya dgn cuma membuat alat kebutuhan rumah tangga diantaranya alat menanak nasi, wajan, alat merebus air, dan sebagainya walaupun demikian sekarang telah berubah haluan ke kerajinan tembaga untuk keperluan asesoris restoran, kantor, dan lain-lain.





Seni ukir tembaga dan kuningan di desa Tumang, Jawa Tengah, akhir-akhir ini, mulai menarik dgn meningkatnya jumlah orderan, baik orderan lokal dan juga manca negara. Bisnis kerajinan ukir tembaga terus tumbuh pesat. Banyak orderan berdatangan dari beragam daerah di Negara Kita dan manca negara. Pesanan kerajinan logam kuningan mengalami penambahan begitu signifikan ini karena oleh banyak parameter, diantaranya ialah munculnya teknologi dunia maya. Dengan munculnya teknologi website maka ingin membantu para produsen kerajinan tembaga untuk menawarkan kerajinan kuningannya ke seluruh daerah dan berbagai negara. Teknologi website begitu membantu para produsen kerajinan tembaga. Salah satu produsen kerajinan tembaga yg tertolong ialah AA Gallery. Sekarang AA Gallery dapat menawarkan produk kerajinan kuningan ke pariaman. Tdk cuma tsb saja, AA Gallery juga menawarkan produk kerajinan tembaga ke ternate.



Contoh Seni Logam Kuningan ialah kerajinan kaligrafi, lampu gantung, relief, bowl, lampu dinding, kubah masjid, air mancur, dan lain-lain. Pembeli juga dapat mengorder kerajinan logam tembaga sesuai dgn kemauannya. Mereka bisa memiliki design sendiri kemudian AA Gallery yg membuatnya.


Mungkin tidak sedikit yg menanyakan harga kerajinan logam tembaga tsb. Harga kerajinan logam tembaga begitu beraneka ragam walaupun demikian AA Gallery ingin berusaha memberikan harga yg menarik. Harga kerajinan logam tembaga disebabkan oleh banyak parameter. Berikut ini ini ialah banyak parameter yg menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( semakin besar besaran kerajinan tembaga tentu saja harganya semakin tinggi karena bahan baku yg digunakan bertambah banyak, demikian sebaliknya semakin mungil tentu saja harganya juga murah karena bahan yg digunakan juga sedikit), level kerumitan produksi ( semakin sulit maka semakin tinggi harganya, demikian sebaliknya semakin tak sulit, harga juga juga murah), jumlah pembelian ( semakin banyak orderan tentu saja juga murah), jika orderan dari daerah lainnya tentu saja otomatis dikenai ongkir.

Permasalahan para ahli kerajinan logam tembaga tak sedikit. Kondisi ekonomi yg tak stabil dapat mempengaruhi jumlah orderan. Harga bahan baku juga mempengaruhi harga kerajinan logam tembaga. Ketika harga lempengan tembaga naik maka harga kerajinan logam tembaga akan naik. Problem lain-lain, ahli Tumang masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tapi selama customer dapat mendapat harga yg telah ditetapkan pengrajin tembaga maka ahli tembaga dapat eksis walaupun demikian minim untung. Oleh karena tsb, pebisnis kerajinan tembaga kontinyu berharap stabilitas ekonomi kontinyu stabil jadi tak mengganggu usaha usaha kerajinan logam tembaga.

Sebagai pebisnis kerajinan logam tembaga harus kreatif dan harus menyesuaikan permintaan masyarakat. Masa ini AA Gallery tak cuma mendapat orderan kerajinan logam tembaga yg dibutuhkan untuk keperluan eksterior kantor namun telah bertambah pada proyek kubah masjid. Mengingat kubah masjid biasanya ukurannya besar maka nilai proyek kubah masjid juga terbilang besar. Tentang ukiran kubah dapat menyesuaikan keinginan customer.

Pd bulan Ferbuari 2018 yg lampau, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yg keren ialah AA Gallery mendapat kepercayaan untuk membuat dan memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Padang Panjang tsb. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery kerjakan tak cuma satu saja tetapi banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tsb telah dibuka oleh ketua MPR Indonesia masa itu. Sejak dibukanya Islamic Center di Padang Panjang tsb maka setelah itu menjadi sentra kegiatan dan ibadah bagi umat Islam di Padang Panjang. Masjid tsb menjadi kebanggaan bagi masyarakat Indonesia.

Sesudah berpengalaman sejak tahun 1990-an, sekarang AA Gallery bertambah percaya diri untuk mendapat orderan kerajinan kuningan dari pangkal pinang. Bermodal pengalaman puluhan tahun berkarya kerajinan logam, AA Gallery semakin mengetahui teknik untuk membuat kerajinan logam yg memiliki kualitas dan cocok yg diharapkan oleh seluruh customer. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip walau laba sedikit yg urgen customer terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar